Cara Aktifkan Fitur Riwayat Imunisasi Anak di Aplikasi SATUSEHAT

SATUSEHAT mempunyai fitur lebih lengkap dibandingkan PeduliLindungi, salah satunya bisa mengetahui riwayat imunisasi anak. Berikut cara aktifkan fitur riwayat imunisasi anak di aplikasi SATUSEHAT.

Cara Aktifkan Fitur Riwayat Imunisasi Anak di Aplikasi SATUSEHAT
Cara Aktifkan Fitur Riwayat Imunisasi Anak di Aplikasi SATUSEHAT. Gambar : ANTARA/Dok. Andi Firdaus

BaperaNews - Aplikasi PeduliLindungi telah resmi berubah menjadi SATUSEHAT. SATUSEHAT memiliki fitur lebih lengkap, salah satunya bisa mengetahui riwayat imunisasi anak. Kementerian Kesehatan telah mengupdate PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT pada Rabu (1/3).

SATUSEHAT diklaim bisa menjadi aplikasi yang memberi seluruh layanan kesehatan terintegrasi sehingga tidak perlu bawa rekam medis ketika berobat atau berpindah ke satu fasilitas kesehatan satu dan lainnya, berobat menjadi lebih cepat dan mudah.

SATUSEHAT berperan sebagai aplikasi kesehatan untuk masyarakat secara menyeluruh. Beda dengan PeduliLindungi yang hanya tentang Covid-19. SATUSEHAT menyimpan catatan pribadi atau riwayat kesehatan penggunanya, rekam medis, dan data kesehatan lainnya.

Chief of Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji menyebut integrasi di SATUSEHAT juga ada tentang riwayat imunisasi anak. “Ibu-ibu bisa akses vaksin anaknya, itu kan satu manfaat. Ketika anaknya mau sekolah, mau ke luar negeri, misalnya ditanya sudah vaksin polio atau lainnya itu sudah ada di SATUSEHAT” tutur Setiaji.

Baca Juga : Simak Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 di Aplikasi SATUSEHAT

Cara untuk mengaktifkan layanan data imunisasi anak ialah melalui fasilitas kesehatan yang telah terintegrasi dengan Aplikasi Sehat Indonesia Ku (ASIK), salah satunya di RSU atau rumah sakit umum milik pemerintah.

“Jika imunisasi dilakukan di tempat yang belum terintegrasi, data akan muncul di SATUSEHAT Mobile” bunyi keterangan di laman resmi Kemenkes. Untuk mendapatkan data tersebut, perlu mengisi data anak terlebih dahulu, berikut cara aktifkan fitur riwayat imunisasi anak di SATUSEHAT

Cara Aktifkan Fitur Riwayat Imunisasi Anak di SATUSEHAT : 

  • Klik profil di ujung kiri atas
  • Pilih Profil Tertaut – Klaim Profil sesuai nama anak
  • Isi tanggal lahir anak, klik Lanjutkan

“Profil utama atau pemilik akunnya ialah orang tua anak yang NIKnya terdaftar di aplikasi ASIK, kemudian pastikan tanggal lahir anak terdata di ASIK sudah benar” lanjut bunyi keterangan di laman resmi Kemenkes

Data riwayat imunisasi anak dan apa jenis atau merk vaksin yang dipakai akan muncul, data ini bisa jadi acuan orang tua maupun tenaga kesehatan ketika mengidentifikasi kesehatan anak. Informasi lebih lanjut bisa didapat di RSU terdekat, apakah RSU tersebut sudah terdaftar di aplikasi ASIK atau belum.

Demikian cara aktifkan fitur riwayat imunisasi anak di SATUSEHAT dan cara lihat daftar riwayat imunisasi anak di SATUSEHAT, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Catat! Begini Cara Update PeduliLindungi ke SATUSEHAT Mobile