Cambridge Akan Siapkan Pelatihan Bahasa Inggris Lewat 'TeachCast' untuk Pelajar di Indonesia

Cambridge University Press & Assessment bekerja sama dengan TeachCast dan PT Indomobil Edukasi Utama untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di Indonesia. Simak selengkapnya di sini!

Cambridge Akan Siapkan Pelatihan Bahasa Inggris Lewat 'TeachCast' untuk Pelajar di Indonesia
Cambridge Akan Siapkan Pelatihan Bahasa Inggris Lewat 'TeachCast' untuk Pelajar di Indonesia. Gambar : Dok.DetikEdu/Cicin Yulianti

BaperaNews - Pada Rabu (28/2), Cambridge University Press & Assessment menjalin kerja sama dengan TeachCast dan PT Indomobil Edukasi Utama untuk mengembangkan potensi anak-anak di Indonesia melalui pembelajaran bahasa Inggris. Penandatanganan kerja sama dilakukan di Kedutaan Besar Inggris-Indonesia di Jakarta Selatan.

Pelatihan percakapan bahasa Inggris lewat TeachCast with Cambridge akan dilaksanakan secara remote berbasis teknologi. Hal ini memungkinkan akses pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak, termasuk mereka yang berasal dari daerah terluar seperti Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Gerry C Kertowidjojo, selaku President Director PT Indomobil Edukasi Utama, menyatakan bahwa banyak murid yang memiliki skor bahasa Inggris yang bagus namun kurang lancar dalam percakapan.

Melalui pelatihan bahasa Inggris Cambridge & TeachCast, anak-anak diarahkan untuk bisa berkomunikasi terlebih dahulu meskipun belum memiliki pengetahuan grammar dan vocabulary yang lengkap.

Baca Juga: Kemendikbud: Kurikulum Merdeka Jadi Kurikulum Nasional Mulai Maret 2024

Lebih lanjut, Gerry menjelaskan bahwa fokus utama adalah mengajarkan anak-anak cara mendengarkan dengan baik, tanpa terlalu memperhatikan grammar secara mendalam pada awalnya. Menurutnya, dengan memahami pembicaraan, pemahaman tentang grammar dan vocabulary akan datang dengan lebih mudah.

Sonya Tobing, Country Head of Cambridge University Press Assessment Indonesia, menegaskan bahwa kerja sama ini merupakan kontribusi Cambridge dalam memajukan pendidikan Indonesia, khususnya dalam pengembangan bahasa.

Program ini sejalan dengan kampanye "Cambridge untuk Indonesia", yang menunjukkan komitmen Cambridge dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Implementasi TeachCast dan sistem pembelajaran bahasa Inggris Cambridge akan dimulai dengan pelatihan bagi para guru yang akan mengajar bahasa Inggris. Bahan belajar akan menghadirkan buku-buku internasional dari Cambridge, menambahkan kualitas dalam proses pembelajaran.

Baca Juga: Sekolah di IKN Akan Menerapkan Sistem Kurikulum Merdeka