BSU Rp 600 Ribu Bisa Didapatkan Melalui Rekening Bank Swasta, Simak Caranya!

Bantuan subsidi upah (BSU) Tahap 5 sebesar Rp 600 ribu akan cair pada bulan ini. Bantuan bisa didapatkan melalui rekening bank swasta, simak cara dapatkannya!

BSU Rp 600 Ribu Bisa Didapatkan Melalui Rekening Bank Swasta, Simak Caranya!
BSU Rp 600 Rib bisa didapatkan melalui rekening Bank Swasta. Gambar : ekonomi.bisnis.com

BaperaNews - Bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp 600 ribu akan dicairkan pada bulan ini. BSU akan diberikan kepada pekerja yang memiliki gaji kurang dari Rp 3,5 juta per bulannya atau setara UMR. Untuk bisa mendapatkan BSU, pekerja wajib daftar dulu di situs resmi Kemnaker : https://bsu.ketenagakerjaan.go.id.

Syarat lain sebagai penerima BSU ialah bukan termasuk PNS (pegawai negeri sipil), TNI,atau Polisi. Penyaluran BSU gaji tahap 4 sebelumnya telah diselesaikan pada 3 Oktober 2022 bersama PT Pos Indonesia dan Himpunan Bank Negara, didistribusikan kepada total 8.168.987 pekerja atau 63,60% dari jumlah penerima BSU (14,6 juta pekerja).

BSU tahap selanjutnya akan dicairkan pada Desember 2022 mendatang melalui PT Pos Indonesia atau Bank milik Negara (Himbara) yakni BTN, Mandiri, BNI, BRI, dan BSI. Pekerja yang memenuhi syarat namun tidak memiliki nomor Bank negara boleh membuat rekening secara mandiri.

Pengisian rekening juga harus dilakukan di laman BPJS Ketenagakerjaan bsu.ketenagakerjaan.go.id. deputi Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, Oni Marbun menjelaskan pekerja wajib update nomor rekeningnya agar bisa mendapat BSU.

Baca Juga : Jangan Lupa! Batas Pencairan BSU/BLT Gaji 20 Desember, Simak Cara Pencairannya

Bagi pekerja yang telah membuat Bank Negara bisa mengupdate datanya dengan cara berikut :

  • Buka situs https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Jika memang memenuhi syarat, notifikasi verifikasi akan diberikan, akan ada pilihan “update rekening disini” untuk memasukkan rekening yang termasuk dari Bank Himbara.
  • Isi data rekening, pastikan nama sudah tepat.
  • Lakukan validasi hingga bantuan tersalurkan ke rekening.

Sedangkan cara untuk memeriksa apakah termasuk daftar penerima BSU gaji bisa dilakukan dengan cara berikut :

  • Buka situs bsu.kemnaker.go.id.
  • Login ke akun, daftar jika belum punya akun sesuai data yang diminta.
  • Usai mendaftar, kode OTP akan dikirim ke nomor handphone yang didaftarkan, selanjutnya biodata diri bisa dilengkapi.
  • Periksa pada menu notifikasi tentang daftar penerima BSU, jika termasuk penerima, akan tercantum identitasnya, juga mendapat notifikasi ketika bantuan telah dikirimkan ke rekening.

BSU gaji ini diberikan dalam rangka memberi bantuan kenaikan BBM, diharapkan bantuan bisa diterima oleh mereka yang memenuhi syarat dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi maupun keluarga penerima.

Baca Juga : BLT Ibu Hamil Cair Bulan Ini, Simak Syarat Hingga Total Bantuan Yang Disalurkan!