BPOM Izinkan Vaksin Covid-19 Untuk Anak 6 Bulan, Berapa Dosisnya?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI kini mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 untuk anak 6 bulan – 4 tahun. Berikut dosis yang dianjurkan oleh BPOM!

BPOM Izinkan Vaksin Covid-19 Untuk Anak 6 Bulan, Berapa Dosisnya?
BPOM izinkan vaksin Covid-19 untuk anak 6 bulan. Gambar : unsplash.com/Dok. Afif Ramdhasuma

BaperaNews - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 untuk anak 6 bulan, sebelumnya BPOM merilis vaksin Comirnaty Children untuk anak umur 5 - 11 tahun pada (29/11) lalu.

Kemudian pada (11/12), BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat atau UEA (Emergency Use Authorization) untuk vaksin Comirnaty Children kepada anak umur 6 bulan – 4 tahun.

Vaksin Comirnaty Children (6 bulan - 4 tahun) dan vaksin Comirnaty Children (5 - 11 tahun) ialah vaksin Covid-19 dari mRNA yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech.

“Vaksin ini membantu memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 serta terbatasnya jenis vaksin yang bisa dipakai oleh anak-anak saat ini” ujar Kepala BPOM Penny Lukito pada Selasa (27/12).

Dosis vaksin Covid-19 untuk anak 6 bulan – 4 tahun ialah 3 mcg atau 0,2 ml diberikan selama 3 kali dosis dengan rentang waktu pemberian 3 minggu untuk dosis pertama dan kedua. Dosis kedua menuju dosis ketiga rentang waktunya 8 minggu.

Baca Juga : Ini Waktu Yang Tepat Untuk Lansia Vaksin Booster Covid-19 Dosis Kedua

Efek samping yang mungkin terjadi berskala ringan hingga sedang, misalnya pembengkakan kelenjar getah bening. Kasus ini terjadi pada 0,2% subjek anak umur 6 bulan – kurang dari 2 tahun serta 0,1% subjek pada anak umur 2 tahun – kurang dari 5 tahun. Bisa disimpulkan efek samping tersebut sangat minim terjadi.

Vaksin telah dinyatakan aman, namun BPOM tetap menghimbau agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan untuk bisa memutus secara total rantai penyebaran Covid-19.

Untuk saat ini kasus Covid-19 terus menurun, pemerintah bahkan terus melonggarkan PPKM dan dikabarkan akan menghilangkan PPKM di awal tahun 2023 nanti.

Meski demikian, vaksin tetap perlu dilaksanakan, sebab vaksin bermanfaat untuk memberi kekebalan yang lebih baik terhadap Covid-19, dengan vaksin, kekebalan tubuh masyarakat akan meningkat, terlebih kini BPOM telah mengizinkan pemberian vaksin Covid-19 untuk anak 6 bulan.

Belum dijelaskan oleh BPOM kapan vaksin akan tersedia di pusat-pusat layanan kesehatan masyarakat, untuk vaksin Covid-19 anak-anak di atas 6 tahun hingga dewasa dan lansia tersedia secara gratis di  pusat kesehatan milik pemerintah.

Kemungkinan vaksin untuk bayi mulai 6 bulan juga bisa diakses masyarakat secara gratis sebagaimana vaksin untuk orang dewasa.

Baca Juga : Ini Kalangan Yang Diberikan Vaksin Kanker Serviks Secara Gratis Tahun Depan!