Berikut 6 Cara Kurangi Stres Yang Terbukti Secara Ilmiah

Untuk kamu yang sering merasa stres. Berikut 6 cara mengurangi rasa stres yang sudah terbukti secara ilmiah!

Berikut 6 Cara Kurangi Stres Yang Terbukti Secara Ilmiah
Cara kurangi stres yang terbukti secara ilmiah. Gambar : Unsplash.com/Dok.lisa Ventur

BaperaNews - Tak ada satu pun orang yang tidak pernah mengalami stres, baik itu masalah pekerjaan, sekolah, keluarga hingga masalah lainnya.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa rasa stres juga bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan secara keseluruhan. Terlebih lagi jika dibiarkan berlanjut dalam waktu panjang.

Untuk itu, disarankan agar bisa mengelola stres dengan baik agar kondisi mental dan fisik bisa tetap sehat. Ternyata ilmu sains sendiri mempunyai peran dalam membantu menemukan berbagai cara nyata yang ampuh untuk membantu mengurangi rasa stres.

Beberapa cara berikut ini bisa membantu mengurangi rasa stres dan juga sudah dibuktikan dalam kajian ilmiah.

1. Sering Berjalan - Jalan di Alam yang Terbuka

Berdasarkan dengan studi fisiologi yang dilakukan pada tahun 2019, dengan berjalan kaki hanya 20 menit saja bisa membantu proses mengurangi hormon stres. Yang terpenting adalah jalan-jalan di lokasi yang masih alami. Anda bisa melakukan cara ini setidaknya setiap 3 kali dalam seminggu. Selain itu, usahakan untuk tidak mengakses media sosial terlebih dahulu.

Selain berjalan, di lokasi alam terbuka yang menjadi favorit kita, sambil duduk pun tidak menjadi masalah. Cara ini ternyata mempunyai efek menenangkan untuk bisa mengurangi rasa stres.

2. Berolahraga

Hormon stres yang salah satunya adalah kortisol bisa melakukan komunikasi dengan otak jika Anda rajin berolahraga. Hormon stres yang mempunyai kemampuan dalam memengaruhi koneksi ke saraf otak, nantinya akan mengirimkan sinyal yang memberikan dampak negatif.

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Harvard Medical School, bahwa melakukan olahraga terbukti ampuh untuk mengurangi adanya hormon stres dan juga merangsang endorfin pada pria.

3. Bernapas Dalam - Dalam

Berdasarkan penelitian yang dirilis oleh peer review Frontiers in Psychology, bernapas itu bisa mengirimkan pesan ke bagian otak, bahwa kondisi tersebut adalah waktu yang tepat untuk tenang. Selanjutnya organ otak akan langsung mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh sehingga membuat tekanan darah menurun dan detak jantung juga menurun.

Baca Juga : Rekomendasi Film Mancanegara Hingga Dalam Negeri Yang Tayang Juli Sampai Agustus 2022

Hal ini, bisa memicu perubahan pada pernapasan yang Anda lakukan dan memiliki potensi dalam mengubah perasaan menjadi lebih baik lagi. Cara ini juga bisa untuk mengurangi rasa stres.

4. Meditasi

Meditasi sebenarnya bertujuan untuk membuat otak menjadi lebih terlatih sehingga bisa tenang maupun penuh perhatian. Setidaknya lebih dari 200 penelitian yang pernah dilakukan, meditasi sangat ampuh untuk mengurasi depresi, kecematan hingga stres.

5. Tidur Siang

Dari studi yang dilakukan oleh para peniliti di Sorbonne University, meluangkan waktu setidaknya 30 menit saja untuk tidur siang bisa meningkatkan kualitas kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk dalam hal meningkatkan kondisi mood.