Beredar Penipuan Kartu Prakerja, Ini Modusnya!

Pihak kartu Prakerja memberikan peringatan kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja.

Beredar Penipuan Kartu Prakerja, Ini Modusnya!
Penipuan Kartu Prakerja. Gambar : ANTARA FOTO

BaperaNews - Manajemen Kartu Prakerja mengingatkan tidak ada pendaftaran offline atau pendaftaran secara langsung bagi calon peserta Kartu Prakerja, masyarakat dihimbau agar berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja.

Peringatan ini muncul usai adanya masyarakat yang melapor tentang adanya pendaftaran Kartu Prakerja yang sifatnya offline, padahal selama ini pendaftaran hanya dilakukan secara online di website resmi Kartu Prakerja.

Modus Penipuan Kartu Prakerja

Penipuan Pendaftaran Offline Kartu Prakerja 

Himbauan diunggah di akun resmi @prakerja.go.id pada Sabtu (28/1). “Waspada penipuan, manajemen dan pelaksana Kartu Prakerja tak pernah turunkan tim untuk melakukan pendaftaran secara offline di Desa, Kelurahan, Kecamatan, atau Kota maupun  Provinsi. Seluruh proses pendaftaran tidak dipungut biaya dan dilakukan secara mandiri di website www.prakerja.go.id. Saat ini proses pendaftaran belum dibuka” tegasnya.

Pendaftaran Kartu Prakerja Hanya melalui Online

Pihak manajemen Kartu Prakerja menegaskan pendaftaran Kartu PraKerja hanya dilakukan secara online melalui website resmi www.prakerja.go.id dan tidak ada pungutan biaya apapun, sehingga jika ada pihak yang mengaku dari Kartu Prakerja kemudian meminta data masyarakat dengan alasan untuk pendaftaran atau bahkan meminta sejumlah uang, bisa dipastikan, oknum yang melakukan ialah penipu.

Baca Juga : Aturan Baru! Ini 6 Perubahan Kartu Prakerja 2023

Dalam unggahan Kartu Prakerja tersebut juga dilampirkan sejumlah pertanyaan dari masyarakat yang melaporkan adanya oknum berbuat penipuan Kartu Prakerja.

“Ijin tanya di dekat rumah saya ada pendaftaran Prakerja, apa benar yang belum punya ATM bisa daftar dengan bayar Rp 60 ribu mohon infonya min” tanya seorang warganet.

“Min di daerah saya di Bandung ada daftar Prakerja, tapi suruh download aplikasi dulu apa itu bener min?” tanya warganet lainnya.

Maka jelas apa yang ditanyakan kedua warganet tersebut salah satu contoh penipuan Kartu Prakerja, meminta uang atau meminta download aplikasi dan modus lainnya, masyarakat dihimbau hati-hati, seluruh proses pendaftaran, pelaksanaan, dan informasi terkait Kartu Prakerja hanya ada di www.prakerja.go.id, tidak pernah ada petugas di lapangan.

Kepala Komunikasi Program Kartu Prakerja William Sudhana menyampaikan himbauan dituliskan secara resmi untuk merespon aduan dan laporan dari masyarakat, meski demikian, belum dipastikan dimana saja dan kapan ada kasus penipuan terjadi.

“Kami hanya memberikan himbauan berdasarkan proses sebagaimana mestinya. Pendaftaran saat ini belum dibuka, tidak ada pra syaratnya atau pra registrasinya” tegas William Sudhana pada Sabtu (28/1).

Baca Juga : Durasi Pelatihan Prakerja 2023 Diperpanjang Jadi 15 Jam, Lebih Untung?