Beredar Isu iPhone 16 Rilis 2024, Punya Kamera Face ID di Bawah Layar?

Beredar isu di media sosial, Apple akan merilis iPhone 16 pada tahun 2024. Isu tersebut juga menyebut bahwa iPhone 16 akan memiliki kamera Face ID di bawah layar.

Beredar Isu iPhone 16 Rilis 2024, Punya Kamera Face ID di Bawah Layar?
Ilustrasi Foto Isu iPhone 16 rilis tahun 2024. Gambar : REUTERS/Thomas Peter

BaperaNews - Muncul rumor Apple akan merilis iPhone 16 meski iPhone 15 belum resmi beredar di pasaran. iPhone 16 pro dikabarkan akan diluncurkan pada tahun 2024, dilengkapi dengan kamera Face ID di bawah layar, teknologi ini belum disematkan di iPhone 15 Pro yang isunya juga akan dirilis tahun 2023 ini.

Kehadiran kamera Face ID di bawah layar kabarnya hadir di iPhone 16 Pro, memberi area display yang luas untuk perangkat tersebut. Media Korea The Elec menjelaskan bahwa Apple akan pindahkan komponen yang dibutuhkan untuk autentifikasi Face ID ke layar bawah iPhone pada tahun 2024 mendatang.

Ketika tidak digunakan, kamera Face ID dari TrueDepth tersebut tidak terlihat di layar, lebih lanjut, iPhone 16 dikabarkan akan memiliki lubang kamera meski Face ID sudah ada di bawah layar.

CEO of Display Supply Chain Consultants Ross Young menjelaskan iPhone akan kehilangan lubang di kamera depan ketika moden iPhone 18 Pro diluncurkan, dengan  kamera Face ID dan kamera selfienya di bawah layar.

Baca Juga : MagSafe iPhone Bakal Bisa Dipakai HP Android

“Dari tantangan teknis yang masih tersisa di bawah panel sebagai syarat memenuhi kualitas merk dan syarat produksi panel, saya yakin peta jalan ini bisa masuk akan untuk iPhone” tulis Ross Young di akun Twitternya pada 10 Mei 2022 lalu.

Selain teknologi baru kamera Face ID di bawah layar, Apple kabarnya juga memberi fitur Dynamic Island ke semua model iPhone 15, saat ini fitur tersebut hanya tersedia di seri Pro iPhone 14 yang telah diluncurkan tahun 2022 lalu.

The Verge menyebut Samsung juga sedang bereksperimen dengan kamera bawah layar, namun Samsung disebut belum bisa membuatnya dengan benar. Samsung pertama kali luncurkan fitur ini pada Galaxy Z Fold 3, sayangnya kamera masih terlihat ketika layar dihidupkan dan hasil gambarnya juga tidak terlalu baik.

Pada Samsung generasi baru Galaxy Z Fold 4 membuat sejumlah peningkatan, namun juga dianggap belum maksimal. Kamera Face ID berbeda dengan kamera selfie pada umumnya, kamera ini memakai inframerah trueDepth untuk menganalisis dan memetakan wajah, sehingga pengembangan untuk diletakkan di layar bawah lebih sulit. Untuk Apple sendiri belum memberi konfirmasi resmi terkait isu iPhone 16 rilis tahun 2024.

Baca Juga : Penyebab iPhone SE 4 Batal Dirilis Tahun Depan