Begini Foto Kondisi Tangki Pertamina di Kilang Cilacap Usai Kebakaran

Usai Kebakaran Kilang Pertamina dicilacap, Pertamina memberikan beberapa foto terkait kondisi kilang setelah terjadi kebakaran

Begini Foto Kondisi Tangki Pertamina di Kilang Cilacap Usai Kebakaran
Tangki Pertamina di Kilang Cilacap. Gambar : Dok. Pertamina

BaperaNews - Tangki penyimpanan Pertalite milik PT Pertamina (Persero) di kilang RU IV Cilacap (Jawa Tengah) atau kilang unit refinery terbakar pada hari Sabtu, 13 November 2021. Setelah api berhasil dipadamkan kondisi tangki bernomor 36T – 102 yang berwarna putih keabuan ini terlihat dalam kondisi setengah gosong.

Hal ini diketahui dari foto yang diunggah oleh PT Pertamina (Persero) dimana nampak area dinding tangki bawah dalam keadaan utuh, penuh bercak kecoklatan, sementara bagian mulut tangki atau area atas tinggal kerangkanya saja, bagian luar telah habis terbakar.

Tangki nomor 36T -101 dan 36T – 103 yang berada di sampingnya persis masih nampak utuh, tidak terpengaruh api apapun baik sisi luar maupun dalamnya, memang PT Pertamina (Persero) telah melakukan penyekatan tilang yang terbakar pada saat insiden terjadi sehingga tidak menyebar ke tangki yang lain.

Joko Priyono – Direktur Utama PT Internasional Kilang Pertamina mengungkapkan cooling atau pendinginan telah dilakukan di sekitar tangki yang terbakar yakni 36T -101 dan 36T – 103. “Saat insiden kebakaran terjadi pada hari Sabtu, 13 November 2021 sekitar jam 19.15 WIB, area dalam kondisi hujan sangat deras disertai petir, api sempat berhasil dipadamkan tim di lapangan pada jam 23.05 WIB selama 80 menit, namun muncul api kembali dan harus dilakukan pemadaman ulang. Api baru padam total pada esok harinya jam 07.45 WIB dan kondisi dinyatakan aman pada jam 09.15 WIB” ungkapnya.

Baca juga : Sebanyak 80 Warga Dievakuasi, Imbas Dari Kebakaran Tangki Kilang Pertamina di Cilacap

Tangki yang terbakar memiliki total volume 31.000 maks 39.000 kiloliter dan levelnya 15,9 – 20 meter, PT Pertamina (Persero) menyebut tak ada api lagi pada hari Minggu, 14 November 2021 sejak api berhasil dipadamkan. Tangki yang terbakar penuh foam putih di sekitar area dan di bagian dalam atau lambungnya, foam tersebut berasal dari alat foam monitor yang ditembakkan dari luar bagian tangki ke mulut tangki.

Dok. Pertamina

Nicke Widyawati – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) menyebutkan ada total 228 tangki di Cilacap, Jawa Tengah ini. Ratusan kilang yang lain masih tetap bisa beroperasi dengan lancar walaupun ada salah satu tangki yang terbakar bahkan pada saat insiden berlangsung sehingga tidak ada penghentian kegiatan kerja dan operasi, “Jadi mohon tak perlu panik karena stok BBM dan LPG sangat lancar dan aman” ungkapnya.