Aturan FIFA Izinkan Manchester United Putuskan Kontrak Ronaldo

Peraturan FIFA mengizinkan Manchester United memutus kontrak Ronaldo usai bicara blak-blakan dalam wawancara bersama Piers Morgan.

Aturan FIFA Izinkan Manchester United Putuskan Kontrak Ronaldo
Aturan FIFA izinkan Manchester United putuskan kontrak Cristiano Ronaldo. Gambar : REUTERS/Ian Walton

BaperaNews - Pesepakbola Cristiano Ronaldo sedang berada di masa sulit dalam kehidupan di klub Manchester United. Ronaldo baru saja menyampaikan bahwa ia merasa dikhianati oleh pelatihnya Erik Ten Hag, ia menyebut “Sejumlah petinggi MU dan pelatih Erik berusaha mengusir saya dari MU”.

Cristiano Ronaldo juga menyebut ia tidak menyukai Erik Ten Hag dan tidak akan menghormatinya karena ia sendiri merasa tidak dihormati. Hal ini pun memicu kekecewaan rekan-rekan Ronaldo di Man United. Ronaldo disebut sudah tidak respect pada MU dan membuat klub terlihat buruk.

Peraturan FIFA sendiri memperbolehkan jika Manchester United memutus kontrak Ronaldo usai bicara blak-blakan dalam wawancara bersama Piers Morgan. Hal ini tertuang pada Pasal 14 tentang Pengakhiran kontrak dengan Alasan yang Adil.

  1. Kontrak bisa diakhiri oleh salah satu pihak akibat jenis apapun baik membayar kompensasi atau sanksi olahraga.
  2. Tiap perilaku kasar dari satu pihak yang memaksa untuk mengakhiri atau memberi hak kepada pemain untuk mengakhiri kontrak dengan alasan yang adil.

Selain diperbolehkan memutus kontrak Cristiano Ronaldo, Manchester United juga diizinkan membatalkan biaya kepada agen. Dalam sebuah laporan diungkap Ronaldo bisa diberhentikan oleh Manchester United karena MU telah kehilangan kepercayaan sehingga ia dinilai tidak layak kembali bekerja.

“Usai wawancara tersebut, MU punya alasan untuk mengakhiri kontrak Ronaldo, pelanggaran material kepercayaan dan keyakinan sebagai istilah tegas tentang membawa klub dalam keburukan. Pernyataan Ronaldo juga bisa disebut sebagai pelanggaran atau kelalaian sebagai karyawan.

Baca Juga : Merasa Dikhianati Man United, Cristiano Ronaldo Akui Tak Hormati Ten Hag

Cristiano Ronaldo membuat kecewa banyak orang

Bruno Fernandes, anggota Manchester United yang juga anggota Timnas Portugal enggan berjabat tangan dengan Cristiano Ronaldo pada Senin malam (14/11) akibat perkataan Ronaldo dalam wawancara yang viral. Tampak Ronaldo juga memandang Bruno dengan wajah kaku.

Sedangkan salah satu legenda Man United, Rio Ferdinand menyebut hubungan cinta Ronaldo dan MU telah berakhir. Menurutnya, tak ada lagi peluang Ronaldo untuk kembali ke Man United.

“Anda tidak bisa duduk disini dan mempertahankan itu dari Ronaldo, jauh di lubuk hati saya, itu untuk dia meninggalkan klub. Hubungan cinta Ronaldo dan MU telah berakhir, tidak ada jalan kembali, saya tidak berpikir klub  akan membawanya kembali” ujarnya pada Senin (14/11).

Kekecewaan kepada Cristiano Ronaldo lainnya yang terungkap ialah muka datar Dalot ketika berfoto dengan Ronaldo di Timnas Portugal. Dalam foto yang diunggah di media sosial, nampak Dalot sama sekali tidak tersenyum ketika foto dengan Ronaldo, warganet menyebut Dalot juga membenci Ronaldo akibat pernyataan Ronaldo tentang Man United.

“Dia benar-benar terlihat kecewa, dia tidak ingin memilih antara MU dan Ronaldo” komentar seorang warganet.

Baca Juga : Gerard Pique Resmi Mengundurkan Diri Dari Sepak Bola