Asik! Pelanggan Twitter Blue Boleh Mencuit Hingga 10.000 Karakter

Twitter saat ini telah resmi menambah cuitan untuk para pengguna Twitter Blue yang bisa membuat cuitan sebanyak 10.000 karakter.

Asik! Pelanggan Twitter Blue Boleh Mencuit Hingga 10.000 Karakter
Pelanggan Twitter Blue kini boleh buat cuitan Twitter hingga 10.000 karakter. Gambar : REUTERS/Kacper Pempel

BaperaNews - Sejak Februari 2023 lalu pengguna Twitter Blue khususnya di Amerika Serikat diberi kemampuan untuk membuat cuitan dengan batas maksimal 4.000 karakter setelah sebelumnya dibatasi hanya 280 karakter.

Kini Twitter kembali menambah batasan menjadi dua kali lipatnya yakni sampai maksimal 10.000 karakter. Twitter web juga mendukung pengguna membuat tulisan lebih jelas dengan teks tebal atau miring sehingga bisa dipakai sebagai penanda sub judul atau memecah blok teks yang besar.

Awal Maret 2023 lalu CEO Twitter, Elon Musk mengumumkan Twitter web bisa dipakai untuk membuat cuitan Twitter 10.000 karakter dan bahkan lebih lama, hal ini disampaikan hanya sebulan usai jumlah cuitan Twitter dinaikkan jadi 4.000 karakter.

Meski cuitan 10.000 karakter dianggap berlebihan oleh sejumlah pengguna, Twitter nampaknya ingin memberi kesempatan bagi pengguna yang ingin mendapat uang dari unggahan mereka.

Twitter juga mengubah nama Super Follows menjadi Subscriptions dimana pengguna dibebani biaya tambahan USD 3, 5, hingga 10 per bulan untuk mendapat konten eksklusif seperti obrolan khusus pelanggan Specs. Twitter mengklaim tidak akan mengambil pendapatan mereka hingga 12 bulan ke depan.

Baca Juga : Twitter Inc Ganti Nama Jadi X Corp Terkait Cita Cita Elon Musk

Kreator yang mendaftar program Subscription ini harus memenuhi syarat memiliki minimal 500 followers dan rutin membuat cuitan dalam 25 hari terakhir serta berumur minimal 18 tahun.

Saat ini pendaftaran baru dibuka di AS, namun pengguna Twitter di Kanada, Australia, dan Selandia Baru juga sudah bisa langganan Subscription di Android, website Twitter, atau iOS.

Dengan memungkinkan pengguna mengunggah lebih banyak cuitan Twitter 10.000 karakter, pengguna Twitter Blue juga memiliki fitur untuk memposting video berdurasi lama hingga berjam-jam, diharapkan ini bisa menjadi cara konten kreator untuk mempertahankan pelanggan mereka.

Di sisi lain, banyaknya pengguna yang melihat unggahan dalam banyak kata, artinya pengguna akan habiskan waktu mereka lebih banyak di Twitter yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh perusahaan Twitter sendiri untuk menampilkan uang dan lainnya untuk mendatangkan untung lebih banyak bagi perusahaan.

Tidak mengherankan Elon Musk membuat kebijakan baru ini tentang penambahan cuitan Twitter 10.000 karakter hingga fitur Subscription. Sebab sebelumnya Elon Musk telah berjanji membuat program monetisasi untuk konten kreator seperti bagi hasil dari iklan namun belum juga jadi kenyataan.

Baca Juga : Nyusul Twitter, Kini Instagram dan Facebook Buat Centang Biru Berbayar