ASEAN Para Games 2022 Resmi Dibuka Ma'ruf Amin, 14 Cabang Olahraga Diperlombakan

Ma’ruf Amin telah secara resmi membuka ASEAN Para Games 2022 pada Sabtu malam 30 Juli 2022 di Stadion Manahan, Solo.

ASEAN Para Games 2022 Resmi Dibuka Ma'ruf Amin, 14 Cabang Olahraga Diperlombakan
ASEAN Para Games 2022 telah resmi dibuka. Gambar : kemenpora.go.id

BaperaNews - Wakil Presiden Ma’ruf Amin membuka ASEAN Para Games (APG) secara resmi pada Sabtu malam (30/7) di Stadion Manahan, Solo. Ma’ruf Amin menyampaikan pesan persatuan bagi Negara-negara Asia Tenggara pada pidato pembukaanya.

“Kepada seluruh atlet, selamat berjuang dalam kompetensi yang sportif dan sehat, saya harap, perhelatan olahraga ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan Negara-negara ASEAN dan masyarakat ASEAN. Saya juga berharap ASEAN Para Games akan menjadikan komunitas ASEAN semakin inklusif dan tangguh” ujarnya.

Usai pidato pembukaan selesai disampaikan, Ma’ruf Amin kemudian membuka sebuah keris dan mengacungkannya ke atas kepala sebagai tanda dibukanya olahraga multievent tersebut. Mascot ASEAN Para Games, Rajamal pun keluar dari cangkangnya (teratai putih) yang disambut dengan tepuk tangan meriah para penonton.

“ASEAN Para Games ialah ajang istimewa karena jadi sumber inspirasi bagi kita semua akan makna kesetaraan. Para Games ialah sesuatu yang istimewa karena atlet para games merupakan yang terbaik untuk mengharumkan nama negaranya” imbuhnya.

Menurut Ma’ruf Amin, ASEAN Para Games ialah sebuah pembuktian bahwa dorongan untuk berprestasi dan meraih cita-cita harus lebih kuat dari hambatan yang dihadapi.

“Saya ucapkan selamat datang di Indonesia khususnya di Surakarta, kepada para atlet kebanggaan yang mewakili sebelas Negara dari Asia Tenggara” tutupnya.

Baca Juga : Jadwal Dan Siaran Langsung Piala AFF U-16 2022 Timnas Indonesia Vs Filipina

Upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022 selain dihadiri oleh Ma’ruf Amin juga dihadiri oleh sejumlah pejabat seperti Menpora Zainudin Amali, Menko PMK Muhadjir Effendy, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, hingga Walikota Solo Gibran Rakabuming.

Selanjutnya pada upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022, dilakukan defile, tiap Negara diwakili kurang dari 30 peserta dan mereka berkumpul di tengah stadion. Tiap kontingen defile didampingi oleh tokoh pewayangan.

ASEAN Para Games 2022 diikuti oleh sejumlah atlet dari 11 negara Asia Tenggara, Indonesia yang menjadi tuan rumah mengirim 323 atlet, sedangkan Thailand 303, Vietnam 119, Kamboja 112, Filipina 144, Malaysia 70, Myanmar 69, Singapura 37, Laos 37, Timor Leste 15, dan Brunei Darussalam 13.

Mereka akan bersaing dalam 14 cabang olahraga.

Berikut Cabang Olahraga di ASEAN Para Games 2022 : 

  1. Blind Judo.
  2. Renang.
  3. Tenis Meja.
  4. Atletik
  5. Bulu Tangkis.
  6. Catur.
  7. Voli Duduk.
  8. CP Fotball.
  9. Angkat Berat.
  10. Panahan.
  11. Boccia.
  12. Goalball.
  13. Basket Kursi Roda.
  14. Tenis Kursi Roda.

ASEAN Para Games 2022 dilaksanakan mulai dari 30 Juli sampai 6 Agustus 2022 yang akan disiarkan langsung di iNews TV, RCTI+, dan Vision+.