AS RI Kecam Ucapan Bezalel Smotrich Usai Bilang Palestina Tidak Pernah Ada

Amerika Serikat dan Indonesia mengecam pernyataan Menkeu Israel Bezalel Smotrich yang menyebut bahwa Negara Palestina itu tidak pernah ada.

AS RI Kecam Ucapan Bezalel Smotrich Usai Bilang Palestina Tidak Pernah Ada
AS RI Kecam Ucapan Menteri Israel Usai Bilang Palestina Tidak Pernah Ada. Gambar : Kobi Wolf/Bloomberg

BaperaNews - Heboh pernyataan Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich menyebut negara Palestina itu tidak pernah ada. Menurutnya, Palestina hanya sebuah gagasan yang muncul karena adanya gerakan zionis atau perlawanan kepada Israel. Ini membuat Amerika dan Indonesia kecam ucapan Menteri Israel.

“Siapa raja Palestina? bahasa apa yang dipakai di Palestina? apa pernah ada mata uang Palestina? apa ada sejarah asli tentang Palestina? tidak ada apa-apa bukan, tidak ada yang namanya orang Palestina” tutur Smotrich pada Selasa (21/3) yang merupakan seorang nasionalis sayap kanan yahudi.

Palestina pun menganggap ucapan Bezalel Smotrich sangat rasis dan bentuk upaya palsukan sejarah. Palestina mengecam pernyataan rasis Smotrich kepada Palestina  tersebut dan menegaskan bangsa mereka “sudah ada sejak dulu dan akan terus ada di tanah itu selamanya”.

Faksi Hamas Palestina juga menyatakan hal serupa, bahwa ucapan Smotrich ialah bentuk kebijakan yang fasis dan upaya penggusuran paksa orang Israel kepada orang Palestina. Tidak hanya dari Palestina, kecaman juga muncul dari berbagai negara di dunia, termasuk AS RI kecam ucapan Menteri Israel.

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby menilai pernyataan Smotrich ini tidak akan membuat hubungan ketegangan Israel dan Palestina reda, justru akan membuat makin bergejolak. Ia menyebut tak ingin ada retorika apapun untuk menghalangi solusi kedamaian kedua negara. 

Baca Juga : Rudal Israel Hantam Gedung di Damaskus, Lima Orang Tewas

“Kami keberatan dengan pernyataan itu, itu tidak membantu dalam upaya meredakan ketegangan dan bukan sebuah solusi untuk dua negara yang layak maju” tutur Kirby. Sedangkan Kemenlu RI juga menyampaikan bahwa Indonesia menolak aksi apapun terkait tindakan Israel yang menganggap Palestina tidak ada. 

Pernyataan Smotrich dinyatakan sebagai bentuk mengingkari kedaulatan Palestina dan tidak menghormati kedaulatan Yordania. Indonesia menegaskan konsistensinya untuk selalu mendukung Palestina.

“Indonesia mengecam keras pernyataan Menkeu Smotrich yang mengingkari dan tidak menghormati kedaulatan Palestina. Indonesia akan selalu mendukung Palestina dan selalu membantu perjuangan Palestina untuk mempertahankan kedaulatannya di wilayah Yordania” bunyi Indonesia melalui akun Twitter @Kemlu_RI.

Pernyataan Smotrich disampaikan ketika ada perundingan antara utusan Palestina dan Israel di Mesir pada hari Minggu (19/3). 

Pada pertemuan itu, kedua belah pihak berjanji untuk untuk mencegah kekerasan di kedua negara, terlebih saat ini sedang bulan ramadhan, diharapkan umat muslim di Palestina bisa beribadah dengan aman dan nyaman, tidak mendapat tindak kejahatan maupun perang dari Israel. Adanya pernyataan tersebut, kedua negara menegaskan AS RI kecam ucapan Menteri Israel.

Baca Juga : Jelang Piala Dunia U-20, Gubernur Bali Tolak Timnas Israel Main di Bali