Arab Saudi Rilis Aturan Baru Umroh Selama Ramadhan 2023

Pemerintahan Arab Saudi mengeluarkan aturan baru terkait pelaksanaan umroh selama bulan Ramadhan 2023 M/1444 H.

Arab Saudi Rilis Aturan Baru Umroh Selama Ramadhan 2023
Aturan Baru Umroh Selama Ramadhan 2023. Gambar : Pexels.com/Dok. Zawawi Rahim

BaperaNews - Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi memberlakukan aturan baru terkait pelaksanaan umroh selama bulan Ramadhan 2023 M/1444 H, umroh dibatasi hanya satu kali per Jemaah.

Hal ini dimaksudkan agar segenap umat muslim di dunia punya kesempatan yang sama untuk menjalankan ibadah umroh di bulan Ramadhan ini.

Diketahui selama bulan Ramadhan, seluruh amal kebaikan akan mendapat pahala berlipat-lipat, termasuk amalan umroh. Sebab itu biasanya banyak masyarakat berminat menjalankan ibadah umroh di bulan Ramadhan, baik itu warga lokal maupun mancanegara.

Calon Jemaah diminta untuk mendaftar dan mengajukan izin terlebih dahulu ke aplikasi Nusuk, sebuah aplikasi pengelola haji dan umroh. Maka calon Jemaah harus mengunduh aplikasi Nusuk di Google Play Store atau App Store.

Izin umroh tersedia untuk warga Arab Saudi ataupun warga luar negeri yang memiliki visa aktif. Calon jemaah diimbau untuk umroh sesuai tanggal yang ditentukan oleh Nusuk.

Selain aturan tersebut, Jemaah juga diminta untuk menjaga sopan santun selama di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram sebab kesucian di dua tempat tersebut wajib diperhatikan.

Baca Juga : Kemenag dan Arab Saudi Berlakukan Visa Bio untuk Jemaah Haji 2023

Aturan umroh Ramadhan 2023 dibuat demi menjaga kelancaran aktivitas ibadah yang sedang berlangsung dan mencegah adanya kerumunan di tempat ibadah.

Arab Saudi menyebut jumlah Jemaah umroh sejak Juli 2022 hingga selama Ramadhan 1444 H ini mencapai 9 juta orang. Aturan umroh Ramadhan 2023 yang terakhir, calon Jemaah dari luar negeri harus memiliki bukti negatif Covid-19 untuk memastikan keselamatan seluruh Jemaah.

Aturan Baru Umroh Selama Ramadhan 2023 

Berikut Detail Aturan Umroh Ramadhan 2023 dari Pemerintah Arab Saudi :

  1. Satu Jemaah hanya boleh satu kali umroh selama Ramadhan 1444 H
  2. Calon Jemaah wajib mendaftar dan mendapat persetujuan melalui aplikasi Nusuk
  3. Calon Jemaah diimbau umroh sesuai tanggal yang ditetapkan Nusuk, bukan di tanggal lain
  4. Wajib menjaga sopan santun di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
  5. Dilarang berkerumun di masjid
  6. Jemaah dari luar negeri harus punya bukti tes negatif covid19

Demikian aturan umroh Ramadhan 2023 dari pemerintahan Arab Saudi. Semoga kita menjadi salah satu hamba yang beruntung yang bisa datang dan menjalankan ibadah umroh ke tanah suci. Selamat Ramadhan.

Baca Juga : Arab Saudi Buat Kebijakan Umroh Baru: Boleh Gunakan Visa Kunjungan Hingga Wisata