Apa Makna Angpao Imlek Dan Bagaimana Pedoman Pemberiannya?

Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru China identik dengan pemberian angpao warna merah. Sebenarnya, apa makna angpao Imlek dan bagaimana pedoman pemberian angpao Imelk? Yuk Simak Informasinya dibawah ini!

Apa Makna Angpao Imlek Dan Bagaimana Pedoman Pemberiannya?
Makna Angpao Imlek Dan Pedoman Pemberian Angpao Imlek. Gambar : Unsplash.com/Dok. Jason Leung

BaperaNews - Perayaan Tahun Baru China atau Tahun Baru Imlek selalu diperingati setiap 22 Januari. Perayaan Tahun Baru Imlek selalu dihiasi dengan nuansa berwarna merah. 

Pada tahun 2023 ini, seluruh umat Konghucu di Indonesia akan merayakan Tahun Baru Imlek pada Minggu, 22 Januari. 

Memiliki khas warna merah, tentu saja berbagai tradisi dalam Tahun Baru Imlek pasti mempunyai makna yang berbeda-beda. Sudah diketahui bersama, Tahun Baru Imlek tidak pernah lepas dari pemberian “angpao”. Dalam perayaan Tahun Baru China tersebut, angpao Imlek yang diberikan pasti selalu berwarna merah. 

Menurut kepercayaan, warna merah dalam perayaan Imlek dianggap sebagai sebuah simbol keberuntungan, kehidupan, dan kebahagiaan. Angpao Imlek diberikan sebagai tanda harapan baik selama acara keberuntungan seperti Tahun Baru Imlek dan pernikahan. 

Penasaran dengan apa makna angpao saat Imlek dan bagaimana aturan pemberian angpao saat Imlek? Jika kamu penasaran, yuk simak makna angpao saat Imlek dan pedoman pemberian angpao saat Imlek yang sudah dirangkum oleh tim Redaksi Bapera News.

Baca Juga :  Jelang Imlek 2023, Inilah Lokasi dan Jadwal Nonton Pertunjukan Barongsai

Apa Makna Angpao Saat Imlek?

Angpao berasal dari dua suku kata yakni ang yang memiliki arti “merah”, dan pao yang berarti “amplop”. Angpao adalah sebuah simbol peduli terhadap sesama, bentuk kepedulian dan berbagi kegembiraan antar sesama terutama yang belum mampu. 

Ketika memberikan angpao saat Imlek, orang tua selalu memberikan uang dalam sebuah amplop berwarna merah. Kenapa angpao Imlek yang dipakai harus berwarna merah?

Sebab, menurut kepercayaan warna merah dianggap sebagai sebuah tanda keberuntungan, roh kehidupan, dan kebahagiaan dalam perayaan Imlek. 

Sebetulnya, yang lebih penting dari angpao amplop merah adalah kertas merahnya, bukan uangnya. Sebab, Angpao diberikan untuk dijadikan simbol bahwa orang yang memberikan angpao mendoakan si penerima angpao mendapatkan keberuntungan yang begitu melimpah dalam hidupnya. 

Pada malam Tahun Baru Imlek, anak-anak kecil akan memberikan sebuah ucapan selamat kepada orang tua dan kakek-neneknya. Sebagai imbalannya, kakek-nenek dan orang tua memberikan hadiah kepada anak-anak dan cucu-cucunya dengan sebuah angpao berisi uang, sekaligus mendoakan anak-anak dan cucu-cucunya mendapatkan keberuntungan di tahun yang baru.

Tidak hanya anak dan cucu saja yang mendapatkan angpao saat imlek, namun orang tua serta kakek-nenek juga mendapatkan angpao yang diberikan oleh anak atau cucu yang telah dewasa, sebagai simbol mengirimkan keberuntungan, kebahagiaan, dan kesehatan kepada orang tua dan kakek-neneknya. 

Nah itu dia, makna angpao imlek yang telah diringkas secara lengkap oleh tim Redaksi Bapera News, lalu bagaimana pedoman pemberian angpao saat Imlek? Yuk simak. 

Baca Juga : Identik Dengan Pemberian Angpao, Ini Sejarah dan Makna Dari Angpao Saat Imlek!

Pedoman Pemberian Angpao Saat Imlek

Memberikan angpao saat Imlek tidak bisa dilakukan secara sembarangan, terdapat beberapa pedoman yang sesuai dengan tradisi dari Tiongkok. Berikut pedoman pemberian angpao Imlek:

  1. Amplop Angpao Harus Warna Merah

Amplop angpao yang akan diberikan harus memiliki nuansa merah. Sebab, angpao warna merah tersebut merupakan lambang keberkahan dan keberuntungan untuk seseorang yang mendapatkan maupun yang memberikan angpao tersebut. 

  1. Angpao Tidak Boleh Diisi Dengan Angka Ganjil dan Angka 4

Amplop angpao saat Imlek tidak boleh diisi dengan angka ganjil dan angka 4, sebab dalam bahasa Mandarin, angka 4 memiliki pengucapan yang sama dengan kata “mati”.

  1. Angpao Tidak Boleh Dititipkan

Pemberian angpao saat Imlek tidak boleh dititipkan, harus diberikan langsung kepada si penerima. Pemberian angpao saat Imlek tidak diperkenankan untuk diwakili atau dititipkan.

  1. Memberi atau menerima angpao saat Imlek tidak boleh menggunakan 1 tangan, harus dipegang dengan dua tangan.
  2. Tidak boleh memberikan angpao berisi koin atau uang kertas yang kusut.
  3. Tidak boleh memberikan angpao setelah perayaan Imlek.
  4. Jangan membiarkan anak Anda memberikan angpao tersebut kepada siapapun.
  5. Memberikan angpao diwajibkan pada hari hari pertama Imlek dan selesai pada hari ke-15.

Demikian informasi tentang makna angpao Imlek hingga pedoman pemberian angpao Imlek. Semoga bermanfaat ya. 

Baca Juga : 5 Shio Yang Paling Beruntung di Tahun Macan Air 2022