Alasan Pelatih Vietnam Serang Wasit Usai Kalah Lawan Timnas Indonesia U-16

Nguyen Quoc Tuan pelatih dari Vietnam U-16 menjelaskan alasan insiden penyerangan wasit setelah Vietnam kalah dari Indonesia

Alasan Pelatih Vietnam Serang Wasit Usai Kalah Lawan Timnas Indonesia U-16
Alasan pelatih Vietnam U-16 serang wasit. Gambar : VFF.ORG.VN

BaperaNews - Nguyen Quoc Tuan (Pelatih Vietnam U-16) mengatakan alasan terkait dengan insiden penyerangan wasit setelah timnya kalah dari Timnas Indonesia U-16 dengan skor akhir 1 – 2 pada pertandingan terakhir di Grup A ajang Piala AFF U-16 2022 pada (6/8).

Dalam pertandingan pamungkas fase grup yang diselenggarakan di Stadion Maguwoharjo tersebut, Timnas Indonesia sempat tertinggal melalui tendangan pinalti yang dilakukan oleh Nguyen Cong Phurong di menit 41.

Kemudian pada menit ke 51, Timnas Indonesia berhasil membalas gol melalui sepakan Arkhan Kaka di menit 51 dan tendangan Nabil Asyura di menit 55.

Kemudian pada menit ke 87, Vietnam berhasil memasukkan bola ke dalam gawang timnas Indonesia U-16. Namun, wasit bernama Warintorn Sassadee yang berasal dari Thailand, memutuskan untuk tidak mengesahkan gol tersebut.

Merujuk pada tayangan ulang, Andrika Fathir Rachman (Kiper Timnas Indonesia U-16) terlihat dengan jelas sudah menangkap bola dengan menggunakan kedua tangannya. Namun, Phan Thanh Duc Thien (penyerang Vietnam) menabrak kiper Timnas Indonesia sampai terjatuh dan melepaskan bola di dalam gawang.

Melihat kejadian tersebut, sang wasit memberikan keputusan bahwa gol tersebut tidaklah sah. Dan pada akhirnya, Vietnam harus tertinggal dari Timnas Indonesia dengan skor 1 – 2.

Momen tersebut dianggap oleh Nguyen Quoc Tuan membawa dampak kerugian bagi Vietnam.

Baca Juga : Ketua PSSI Ingin Angkat Anak, Kapten Timnas Indonesia U-16 Dipilih!

“Bermain di bawah tekanan dari banyaknya supporter timnas Indonesia bukanlah hal yang mudah bagi para pemain kami. Terlebih lagi di babak kedua mereka juga mulai kehilangan konsentrasi hingga berakhir dengan dua gol. Selain itu, tim kami juga menderita karena keputusan yang dibuat oleh wasit,” kata Nguyen Quoc Tuan.

“Bahkan, memasuki menit ke 86 yang mana pemain kami berhasil mendapatkan gol, wasit menyatakan itu adalah pelanggaran. Saya pikir, pemain kami mengalami penderitaan karena banyaknya keputusan wasit yang salah,” tambahnya.

Tak hanya itu saja, saat pemain Vietnam berhasil mendapatkan penguasaan bola, wasit Thailand justru berkali – kali mencoba untuk menghentikan jalannya pertandingan sehingga membuat Nguyen Quoc Tuan merasa jengkel.

Kekalahan dari timnas Indonesia U-16, bisa membuat Vietnam terhenti, jika saja nantinya Myanmad dan Malaysia sama – sama mendapatkan kemenangan di pertandingan terakhir fase grup C yang diselenggarakan pada hari Senin 8 Agustus 2022 di Piala AFF U-16 2022 mendatang.

Baca Juga : Kalah dari Timnas Indonesia U 16, Pelatih Vietnam Protes Wasit