Akuarium Raksasa Berisi 1500 Ikan Tropis Di Berlin Meledak

Akuarium raksasa setinggi 25 meter yang berisi 1.500 ikan tropis meledak di Berlin, Jerman pada Jumat (16/12). Berikut kronologinya!

Akuarium Raksasa Berisi 1500 Ikan Tropis Di Berlin Meledak
Akuarium raksasa di Berlin meledak. Gambar : REUTERS

BaperaNews - Akuarium raksasa yang berisi 1.500 ikan tropis meledak di Berlin, Jerman pada Jumat (16/12). Kolam air setinggi 25 meter tersebut terjadi di sebuah objek wisata yang juga terdapat hotel dan café, meledak pada pukul 06.00 pagi waktu setempat. Satu orang mengalami luka ringan akibat kejadian tersebut.

Belum diketahui secara pasti sebab akuarium raksasa di Berlin meledak, diperkirakan tempat penampungan ikan raksasa tersebut meledak karena suhu yang dingin di Berlin, suhu sekitar beku, membuat sejumlah bagian akuarium bocor. Pihak kepolisian masih menyelidikinya.

Seorang saksi bernama Gwendolin Szyszkowitz menyampaikan pada salah satu stasiun TV Jerman bahwa ia mendengar suara ledakan keras saat kejadian, ia dan warga lain awalnya mengira itu ialah bom. AKibat ledakan, di sekitar TKP (Sea Life) berhamburan puing-puing kaca dan lainnya.

Akuarium raksasa di Berlin tersebut menampung 1.500 ikan tropis, ada 80 jenis spesies ikan yang berbeda, tingginya 25 meter dan airnya mencapai 1 juta liter, akuarium tersebut tangki silindernya terbesar di dunia.

Baca Juga : Guru Di AS Dipecat Usai Ganggu Murid Muslim Sedang Shalat

Terakhir kali dimodernisasi tahun 2020, lokasi kejadian selama ini dikenal sebagai salah satu magnet wisata di Berlin. Biasanya pengunjung bisa melakukan perjalanan selama 10 menit di dalam tangki silinder akuarium yang jadi daya tarik utama, pengunjung bisa melihat beragam jenis ikan secara langsung.

Air yang tumpah membuat permukaan jalan di Mitte penuh dengan air bersama dengan 1.50 ikan, selain itu juga membuat Hotel Radisson Blu yang dekat dengan lokasi rusak. Para petugas polisi meminta tamu hotel untuk segera mengemas barangnya sesaat setelah kejadian, saat itu terdapat sekitar 350 tamu hotel.

Para tamu diminta keluar hotel demi keselamatan, dikhawatirkan ada kerusakan infrastruktur akibat ledakan akuarium raksasa di Berlin tersebut. Polisi juga memastikan tidak semua ikan yang ada di akuarium mati, namun ratusan ikan berada di basement hotel, ikan-ikan tersebut yang jadi salah satu fokus penyelamatan petugas.

Ikan yang berhasil selamat dipindahkan ke akuarium terdekat lainnya. Suhu di Berlin ketika kejadian sangat dingin, menyentuh angka minus 7 derajat celcius, membuat udara sekitar seolah beku dan sebagian titik air di akuarium jadi beku dan membuat kaca akuarium pecah. Hingga kini belum diketahui sebab pasti dari insiden akuarium raksasa di Berlin meledak.

Baca Juga : Gawat! Biden Segera Sahkan UU Perlindungan Pernikahan Sesama Jenis