Akhirnya iPhone Rilis Fitur Baru yang Sudah 15 Tahun Ada di Android

iOS 18 memperkenalkan fitur home screen yang dapat dikustomisasi, memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menata ikon aplikasi sesuai keinginan. Simak selengkapnya di sini!

Akhirnya iPhone Rilis Fitur Baru yang Sudah 15 Tahun Ada di Android
Akhirnya iPhone Rilis Fitur Baru yang Sudah 15 Tahun Ada di Android. Gambar : Apple, Android

BaperaNews - Apple kabarnya akan menyematkan fitur home screen yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna pada iOS 18. Rumor ini menyebutkan bahwa home screen di iOS 18 akan dirancang agar lebih mudah untuk dikustomisasi sesuai keinginan pengguna.

Pada iOS 18, pengguna disinyalir dapat membuat ruang kosong antara ikon aplikasi sehingga mereka memiliki kebebasan untuk menata aplikasi di home screen dengan menambahkan baris atau kolom kosong di antara ikon-ikon yang ada. Hal ini berbeda dengan pengaturan saat ini di iOS, di mana ikon aplikasi akan otomatis bergerak untuk mengisi kekosongan di layar.

Meskipun aplikasi pihak ketiga seperti Shortcuts dan Widgetsmith telah ada untuk membuat ikon aplikasi "kosong" di iOS, fitur resmi dari Apple ini dipercaya akan jauh lebih mudah digunakan.

Selain itu, ikon-ikon aplikasi di home screen iOS 18 tetap akan tersusun rapi berdasarkan grid sehingga tampilannya tidak acak-acakan.

Baca Juga: Gegara Penipuan iPhone Palsu, Apple Rugi Rp95 M

Fitur untuk membuat ruang antar ikon aplikasi di home screen sebenarnya sudah ada di Android sejak 15 tahun lalu. Namun, kehadiran fitur ini di iOS 18 dianggap sebagai langkah inovatif bagi Apple dalam memberikan pengalaman pengguna yang lebih personalisasi.

Selain fitur personalisasi home screen, iOS 18 juga dirumorkan akan mendukung RCS (Rich Communication Services) untuk berkirim pesan dan akan memiliki AI (Artificial Intelligence) terintegrasi. Apple juga sedang dalam proses bernegosiasi untuk membawa Google Gemini ke fitur iPhone akhir tahun ini.

Apple kemungkinan akan mengumumkan secara resmi iOS 18 pada konferensi pengembang dunia (WWDC) tahunan yang diadakan pada bulan Juni mendatang. Pengumuman ini akan menjadi momen penting bagi para pengguna iPhone yang selalu menantikan fitur-fitur baru yang akan disematkan pada perangkat mereka.

Baca Juga: 10 iPhone yang Miliki Baterai Paling Awet, Tertarik Membelinya?