Airlangga Hartarto: Pertumbuhan Ekonomi RI Tertinggi Kedua di G20

Airlangga Hartarto sampaikan Indonesia merupakan Negara dengan pertumbuhan ekonomi paling tinggi kedua diantara Negara anggota G20, setelah Arab Saudi.

Airlangga Hartarto: Pertumbuhan Ekonomi RI Tertinggi Kedua di G20
Airlangga Hartarto sampaikan pertumbuhan ekonomi di Indonesia tertinggi kedua diantara Negara anggota G20. Gambar : okezone.com

BaperaNews - Menko Airlangga Hartarto menyampaikan Indonesia merupakan Negara dengan pertumbuhan ekonomi paling tinggi kedua diantara Negara anggota G20, setelah Arab Saudi.

“Memiliki pasar domestik yang kuat dan relatif aman dari sisi internal, dan diprediksi tahun depan pertumbuhan ekonomi mencapai 4,8 – 5,2%” ujarnya dalam pernyataan tertulis pada Sabtu (15/10).

Kinerja impresif Indonesia di bidang ekonomi tersebut akan terus dipertahankan sepanjang tahun 2022 dengan dukungan faktor eksternal yang juga cukup aman sehingga membuat Indonesia tidak masuk Negara yang rentan masalah keuangan.

Namun, untuk menghadapi ketidakpastian dalam ancaman resesi global yang saat ini membayangi, pemerintah tetap melakukan antisipasi dan penguatan sekaligus menumbuhkan optimisme untuk ekonomi nasional.

Untuk bisa terus meningkatkan kinerja impresif di bidang perekonomian nasional dan mengantisipasi beragam tantangan di masa depan, Kemenko melakukan evaluasi dan pemantauan kinerja dari beragam prioritas dengan kegiatan Leader’s Offsite Meeting Triwulan II 2022 di Semarang, Jawa Tengah pada 13 - 14 Oktober 2022.

Kegiatan dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan program atau kebijakan yang diambil Menko, dengan dilakukan evaluasi secara menyeluruh, sejumlah pembehana juga dilakukan untuk mencari solusi terbaik dari sejumlah tantangan yang ada.

Baca Juga : Pemerintah Sebut Indonesia Bisa Bebas Dari Covid-19 Tahun Depan, Ini Syaratnya!

Acara diikuti oleh seluruh pejabat eselon I, staf khusus, tim ahli, tim asistensi, dan pejabat eselon II Kemenko. Tiap unit kerja diminta untuk memaparkan pencapaian dari program yang dibuatnya, rencana kerja, dan isu strategis.

Airlangga Hartarto juga memberi masukan secara langsung tentang pemaparan yang disampaikan dan menegaskan agar tiap unit kerja bisa mengembangkan kinerjanya dengan sinergi lebih baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Isu yang Dibahas Pada Leader’s Offsite Meeting tersebut adalah :

  1. Pembaruan Sherpa G20.
  2. Persiapan G20 Concrete Deliverables.
  3. Persiapan Leaders Declaration.
  4. Proyek strategis nasional.
  5. Persiapan menuju ASEAN Summit.
  6. Kredit usaha rakyat.
  7. Pengendalian inflasi.
  8. Vaksinasi.
  9. Neraca komoditas.
  10. Stabilisasi harga pangan.
  11. Program kartu Prakerja.

Peninjauan kesiapan mega proyek kawasan industri terpadu di Batang juga dilakukan. Dalam acara Leader’s Offsite Meeting ini, Menko Airlangga Hartarto didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwan dan sejumlah pejabat eselon I dari Kemenko dan Kementerian Perindustrian.

Baca Juga : Indonesia Siap Sambut Kedatangan Putin Dan Zelensky Di KTT G20