Agar Siswa Tak Stress, Sekolah di Finlandia Mulai Lebih Siang

Pemerintah Finlandia menerapkan jam masuk sekolah untuk seluruh sekolah di Finlandia mulai lebih siang sekitar pukul 09.00 pagi, agar para siswa tidak stress.

Agar Siswa Tak Stress, Sekolah di Finlandia Mulai Lebih Siang
Alasan Sekolah di Finlandia Mulai Lebih Siang. Gambar : Reuters/Dok. Heikki Saukkomaa

BaperaNews - Finlandia terkenal sebagai negara dengan mutu pendidikan terbaik di dunia. Ada sejumlah faktor pendukungnya, salah satunya ialah penerapan aturan jam sekolah.

Sebelumnya polemik jam masuk sekolah di Nusa Tenggara Barat yang dimajukan lebih pagi menjadi pukul 05.30 WIB jadi kontroversial, banyak yang menilai tidak ada hubungannya kecerdasan siswa dengan sekolah pagi, justru membuat siswa terbebani dan belum siap menerima pelajaran.

Gubernur NTT Viktor Laiskodat mengklaim aturan jam masuk sekolah pukul 05.30 WIB pagi ini akan mencetak sumber daya manusia yang lebih disiplin dan etos kerja tinggi, namun tetap saja kritik tajam berdatangan, mulai dari siswa, orang tua siswa, hingga guru.

Aturan yang dibuat Viktor Laiskodat tentang jam masuk sekolah pukul 05.30 WIB ini dinilai tidak ada dasarnya, hanya menambah beban bagi siswa maupun guru.

Memang saat ini di Indonesia menerapkan jam masuk sekolah pagi mulai 06.30 hingga 07.30 pagi. Namun sejumlah peneliti justru menyebut sekolah pagi tidak efektif untuk pembelajaran.

Baca Juga : Direvisi, Kini Jam Masuk Sekolah di NTT Jadi 05.30 Khusus Kelas 3 SMA/SMK

Dasar Jam Sekolah di Finlandia

Jam masuk sekolah di Finlandia dimulai pukul 09.00 - 09.45 sampai 14.00 - 15.00 sore. Jam istirahat ditetapkan 15 - 20 menit sebelum pergantian mata pelajaran dengan durasi hingga 45 menit. Sebab itu siswa di Finlandia hanya mempelajari beberapa mata pelajaran atau kelas saja per harinya.

Pemerintah Finlandia menyebut jam masuk sekolah lebih siang justru membuat siswa lebih fokus dan matang selama belajar.

“Bangun lebih awal untuk naik bus, ikut ekstrakurikuler sesudah jam sekolah adalah waktu yang lama untuk pelajar. Ketika kelas dimulai pukul 6 – 8 pagi, itu membuat anak- anak tidak bersemangat, banyak diantara mereka masih mengantuk” bunyi laporan World Economic Forum tentang jam masuk sekolah di Finlandia.

Finlandia juga memutuskan jam masuk sekolah di Finlandia berdasarkan penelitian dari PubMed Central US National Library of Medicine dimana hasil penelitian menyebut kurang tidur membuat siswa rugi, mulai dari kesehatan fisik dan mental yang buruk, mempengaruhi perilaku, hingga membuat nilai akademik rendah.

Maka waktu tidur yang cukup untuk para siswa ialah syarat penting untuk membuatnya menerima pelajaran dengan baik. Sebab itu di Finlandia sekolah diatur lebih siang. Finlandia juga tidak memberi PR atau tugas rumah untuk siswanya.

Bagaimana menurut Anda, lebih bagus pengaturan jam masuk sekolah di Finlandia yang lebih siang atau jam masuk sekolah yang lebih pagi di Indonesia?

Baca Juga : Pemprov NTT Buat Aturan Baru: Siswa SMA/SMK Wajib Masuk Sekolah Jam 5 Pagi