Aci Resti Berbagi Ilmu Podcasting Lewat Kuliah Peduli Negeri

Aci Resti dan 2 rekan Mahasiswa Mercu Buana berbagi ilmu tentang podcast kepada Siswa dan Siswi SMK Budi Mulia Ciledug, Tangerang dalam rangka Kuliah Peduli Negeri.

Aci Resti Berbagi Ilmu Podcasting Lewat Kuliah Peduli Negeri
Aci Resti berbagi ilmunya lewat Kuliah Peduli Negeri. Gambar: Redaksi Bapera News

BaperaNews - 3 Mahasiswa Universitas Mercu Buana dari Fakultas Ilmu Komunikasi berbagi ilmu pengetahuan mereka dibidang podcasting melalui Mata Kuliah KPN alias Kuliah Peduli Negeri. Workshop bertajuk "How To Be Podcaster" menjadi kontribusi nyata mereka dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi era digital.

Acara ini berlangsung pada Rabu (10/5) beberapa waktu lalu, bintang utama workshop ini adalah Aci Resti, yang merupakan salah satu dari tiga mahasiswa Mercu Buana (Siti Muspiroh, Puspa Alicia Salsabila) yang berhasil menyelenggarakan acara ini di SMK Budi Mulia Ciledug, Tangerang.

Aci Resti, yang saat ini menempuh pendidikan kuliah di Mercu Buana jurusan Ilmu Komunikasi, telah menunjukkan bakatnya tidak hanya sebagai Komika dan Penulis Buku, tetapi juga sebagai Podcaster.

Berbagai peran di dunia film dan serial televisi seperti "Cek Toko Sebelah", "Critical Eleven", "Susah Sinyal", dan "Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan", membawa pengalaman berharga ke acara ini. Belakangan ini, ia bahkan telah merambah ke dunia podcast di kanal Youtube HAHAHA TV dengan podcast berjudul "Temanan Sama Nasib".

Baca Juga: Buku Temenan Sama Nasib Ceritakan Bagaimana Aci Resti Berdamai Dengan Nasib Buruk

Aci Resti saat kegiatan Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercu Buana. Gambar: istimewa

Tak ketinggalan, tokoh penting dari Universitas Mercu Buana juga ikut hadir, yakni Ibu Devi Suhailah,S.Kom. I (Kajur PSPT) dan Bapak Miftha Fadfar Faqih, A. Md (Kepala Studio TV & Radio), Serta Dosen Pembimbing Mata Kuliah Kuliah Peduli Negeri Bapak Ridho Azlam Ambo Asse, M.Ikom.

Workshop ini berfokus pada tiga elemen penting dalam proses menjadi podcaster: penulisan naskah, menjadi host, kemudian videografi dan juga editing. Dengan podcast yang semakin populer sebagai media baru yang menghibur dan mendidik, kemampuan ini sangat penting untuk dikuasai.

Aci Resti, dengan kejenakaan dan humor khasnya, menunjukkan bagaimana podcast bisa menjadi sumber informasi, berita, dan hiburan yang menarik. Keterampilannya dalam menciptakan konten podcast yang menarik dibagikan langsung kepada Siswa SMK Budi Mulia Ciledug.

Workshop ini adalah langkah awal Universitas Mercu Buana dalam membekali generasi muda Indonesia untuk menghadapi tantangan era digital. Melalui panduan dari sosok seperti Aci Resti, siswa dan siswi SMK Budi Mulia Ciledug diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mereka tentang pembuatan konten podcast yang menarik, sebagai langkah awal mereka menjadi podcaster masa depan yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Baca Juga: Mahasiswa Mercu Buana Ajarkan Keahlian Podcasting Kepada Siswa SMK Budi Mulia Ciledug