7 Jurusan Soshum dengan Prospek Gaji Besar

Jurusan kuliah Soshum bisa menjamin masa depan dengan pekerjaan bergaji besar, berikut daftar jurusan Soshum dengan gaji besar.

7 Jurusan Soshum dengan Prospek Gaji Besar
Jurusan ilmu sosial dan humaniora dengan prospek gaji besar. Gambar : Unsplash.com/Dok. Fa Barboza

BaperaNews - Selama ini, banyak anggapan bahwa jurusan Saintek akan lebih berpotensi sukses di masa depan dengan pekerjaan bergaji besar.

Namun, ternyata anggapan tersebut tidak benar lho! ada banyak pilihan jurusan kuliah Soshum atau Ilmu sosial dan humaniora yang menjamin masa depan dengan pekerjaan bergaji besar, tidak kalah dengan jurusan untuk lulusan anak Saintek dan memiliki prospek kerja yang lebih banyak juga.

Jurusan Soshum dengan Gaji Besar

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah daftar jurusan Soshum dengan gaji besar.

1. Jurusan Akuntansi

Jurusan yang akan mempelajari ekonomi dan uang ini hadir di banyak Universitas di Indonesia. Sarjana dari jurusan ini bakal sangat dibutuhkan seiring berkembangnya startup baru yang muncul di Indonesia.

Hal ini akan membuat lulusan akuntansi sangat dicari. Karena setiap perusahaan memerlukan seorang yang ahli dalam akunting.  

Gaji besar jurusan Soshum yang bisa diterima oleh seorang akuntan bisa mencapai Rp 7 juta per bulan. Bila telah berpengalaman dalam bidangnya ini gajinya bisa mencapai Rp 15 sampai Rp 20 juta per bulan.

2. Jurusan Hukum

Jurusan yang mempelajari tentang perundang-undangan, perdata, pidana, hukum dagang, hingga hukum internasional ini juga termasuk ke dalam daftar profesi dengan gaji besar jurusan Soshum.

Sarjana jurusan hukum adalah salah satu lulusan yang sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Bahkan, gaji magang di kantor hukum mencapai Rp 7 juta sampai Rp 15 juta per bulan. 

3. Jurusan Manajemen dan Bisnis

Jurusan Soshum yang bergaji besar selanjutnya ialah Manajemen dan Bisnis. Jurusan ini cocok untuk kamu yang suka berbisnis karena akan mempelajari inflasi, ekonomi, wirausaha, hingga manajemen akan membuat skill berbisnis semakin mumpuni.

Adapun gaji besar jurusan Soshum ini mencapai Rp 5 juta - Rp 10 juta. Namun bila memilih berwirausaha bisa saja penghasilannya lebih dari itu.

Baca Juga : Daftar Universitas Terbaik di Indonesia 2023 Versi Webometrics

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Lulusan ilmu komunikasi yang memahami tentang pemasaran, kehumasan, media, broadcasting hingga desain grafis akan sangat dicari di era new media ini.

Gencarnya penggunaan media sosial di era 4.0 ini membuat prospek kerja lulusan jurusan Soshum ini mendapat tawaran tinggi dan beragam.

Mulai dari menjadi humas, reporter, content writer, digital marketing, hingga menjadi photographer. Diperkirakan gaji yang bisa didapat lulusan jurusan ini sekitar Rp 4 juta sampai Rp 9 juta per bulan di Indonesia.]

5. Jurusan Psikologi

Di beberapa kampus di Indonesia, jurusan Psikologi masuk ke dalam ranah Soshum (Ilmu sosial dan humaniora) yang akan mempelajari tingkah laku, mental dan pikiran di dalam lingkungan sosial manusia.

Sebagai lulusan psikologi di Indonesia setelah bekerja bisa mendapat gaji besar yaitu Rp8 juta sampai Rp25 juta tergantung dari kecakapan dan pengalaman yang dimiliki. 

Tidak hanya menjadi psikolog, pekerjaan jurusan Psikologi dapat juga menjadi HRD di sebuah perusahaan.

6. Jurusan Desain Komunikasi Visual 

Hampir mirip dengan nasib jurusan Ilmu Komunikasi, DKV juga memiliki prospek karir yang cerah di masa depan. Di era digital ini, kian banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan DKV. Kerap kali mereka menempati posisi Desainer grafis, Animator dan seniman multimedia, Desainer produk Komersial di sebuah perusahaan.

Pekerjaan dengan tanggung jawab besar dari jurusan Soshum ini dapat mengantongi Rp 8 juta perbulan. 

7. Jurusan Tata Busana

Pilihan jurusan kuliah IPS yang sangat menarik berikutnya adalah jurusan tata busana yang di beberapa perguruan tinggi disebut juga dengan jurusan fashion design. Sebab selama masa perkuliahan kamu akan akrab dengan kegiatan membuat desain busana.

Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari mengenai proses produksi pakaian, proses desain, belajar cara membuat pola pakaian, cara menjahit, dan juga mengenal segala hal tentang kain.

Setelah lulus kamu bisa menekuni profesi sebagai desainer dan juga menjadi penata busana, misalnya untuk kalangan artis. Gaji besar jurusan Soshum ini diperkirakan mencapai Rp 10 juta perbulan.

Baca Juga : Simak! Tips Mendapatkan Gaji Tinggi Untuk Fresh Graduate