7 Daftar Tradisi Unik Tahun Baru Di Berbagai Negara

Tahun Baru 2023 akan datang sebentar lagi, berbagai tradisi unik Tahun Baru selalu dirayakan bersama keluarga tercinta. Berikut daftar tradisi unik Tahun Baru dari berbagai Negara!

7 Daftar Tradisi Unik Tahun Baru Di Berbagai Negara
Berikut Tujuh Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru Di Berbagai Negara. Gambar : Pixabay.com/Dok. Placidplace

BaperaNews - Tinggal menuggu hari menjelang pergantian tahun baru, apakah kalian sudah menyiapkan berbagai makanan, kembang api, dan juga cemilan untuk menyambut tahun baru? Ya, di Indonesia umumnya perayaan malam tahun baru selalu identik dengan pesta kembang api.

Biasanya di Indonesia, setiap keluarga atau orang terdekat serta sahabat akan berkumpul untuk menikmati berbagai makanan, bermain games, dan menyaksikan pesta kembang api sebagai salah satu bentuk tradisi tahun baru. 

Namun, apakah tradisi unik merayakan tahun baru di berbagai Negara dilakukan dengan cara yang sama? Tentu setiap Negara memiliki caranya sendiri, di beberapa Negara masih melakukan tradisi unik mereka, mulai dari melempar sofa hingga harus memakan 12 bji anggur.

Penasaran daftar tradisi unik tahun baru di berbagai negara? Simak rangkuman terkait tradisi unik tahun baru di berbagai negara di bawah ini!

Baca Juga : 8 Makanan Khas Tahun Baru Di Berbagai Negara

7 Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru Di Berbagai Negara : 

1. Tahun Baru Kedua (Macedonia)

Tradisi unik tahun baru yang pertama berasal dari Macedonia. Di Macedonia, merayakan malam tahun baru sepertinya nggak cukup satu kali. Pada tanggal 14 Januari, masyarakat Macedonia merayakan sekali lagi perayaan malam tahun baru. Pada malam ini, umumnya orang-orang dewasa akan memberikan hadiah kepada anak-anak.

2. Melempar Mawar Putih Ke Laut (Brazil)

Tradisi unik merayakan tahun baru selanjutnya berasal dari Brazil. Pada hari pertama tahun baru, masyarakat Brazil melemparkan bunga-bunga berwarna putih ke lautan. Ini dilakukan sebagai penghormatan kepada Dewi Lautan. Mereka juga percaya, permohonan dan harapan yang mereka lantunkan saat melemparkan bunga putih ini juga bisa jadi kenyataan.

3. Melempar Sofa Ke Jendela (Afrika Selatan)

Tradisi unik merayakan tahun baru yang ketiga berasal dari Afrika Selatan. Bagi kalian yang belum pernah merayakan malam tahun baru di Johannesburg, Afrika Selatan dan berniat kesana untuk melepas stress, di sana kalian akan melihat pemandangan sofa ‘terbang’ pada saat perayaan tahun baru. Melempar sofa bekas yang sudah tidak terpakai dari jendela rumah atau apartemen merupakan tradisi yang sudah dilakukan selama puluhan tahun.

Tradisi unik tahun baru ini diyakini sebagai simbol untuk mengempaskan masalah di masa lalu dan memulai sesuatu yang baru. Maka tidak heran jika orang-orang di Johannesburg kerap menimbun kulkas, sofa, dan barang-barang lawas lain beberapa pekan jelang malam tahun baru.

Baca Juga : Alasan Kenapa Tahun Baru Identik Dengan Kembang Api

4. Festival Songkran (Thailand)

Tradisi unik merayakan tahun baru di Thailand bukan terjadi pada bulan Desember, tahun baru di Thailand terjadi pada bulan April setiap tahunnya. Saat tahun baru mereka melaksanakan festival Songkran selama tiga hari. Festival ini dilakukan dengan saling menciprati, menyemprot, dan menyiram air kepada siapapun yang ditemui di jalan.

5. Membunyikan Lonceng 108 Kali (Jepang)

Tradisi unik tahun baru di Jepang adalah membunyikan lonceng berukuran besar yang dilakukan di kuil Buddha. Upacara ini disebut sebagai Joya no Kane yaitu dengan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali untuk mengusir kejahatan dan dosa manusia.

6. Makan 12 Anggur (Spanyol)

Tradisi unik merayakan tahun baru juga terjadi di Spanyol, masyarakat melakukan tradisi dengan memakan 12 buah anggur saat tengah malam tahun baru agar dapat menangkal nasib buruk. Tradisi ini disebut sebagai 'Las doce uvas de la buena suerte', hal ini dilakukan 12 detik sebelum pukul 12 malam.

7. Membakar Orang-Orangan Sawah (Ekuador)

Tradisi unik merayakan tahun baru yang terakhir berasal dari Ekuador. Di Ekuador, masyarakat kerap merayakan pergantian malam tahun baru dengan tradisi membakar orang-orangan sawah di tengah malam. Mereka juga membakar foto-foto yang diambil tahun lalu. Hal-hal ini dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan di tahun baru.

Nah itu dia tujuh tradisi unik tahun baru di berbagai Negara. Kalau kamu sering melakukan apa nih untuk merayakan tahun baru

Baca Juga : 7 Ide Bisnis Musim Natal dan Tahun Baru