6 Tradisi Unik Imlek di Berbagai Negara

Setiap Negara di belaha dunia tentu memiliki tradisi perayaan Imlek yang berbeda-beda dan memiliki keunikan masing-masing. Yuk intip tradisi unik Imlek di berbagai Negara!

6 Tradisi Unik Imlek di Berbagai Negara
Tradisi unik Imlek di berbagai Negara. Gambar : unsplash.com/Dok. Thyla Jane

BaperaNews - Perayaan tahun baru Imlek 2023 sudah di depan mata. Banyak tradisi-tradisi unik di berbagai Negara saat Imlek.

Diketahui pada tahun ini, Imlek jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Momen saat Imlek merupakan hal yang penting untuk masyarakat Tionghoa yang dimulai dari hari pertama bulan pertama Hanzi di penanggalan Tionghoa, lalu berakhir dengan Cap Go Meh.

Beberapa perayaan Imlek di berbagai Negara sudah mulai terdengar. Negara-Negara yang merayakan Imlek memiliki tradisi yang sudah lama dilakukan secara turun menurun. Terutama Negara tanah air tercinta ini, Indonesia yang ikut merayakan Imlek 2023. Simak rangkuman Tim Redaksi Bapera News tentang tradisi-tradisi Imlek di berbagai Negara.

Baca Juga : Berikut 15 Link Twibbon Imlek 2023 Dengan Desain Menarik

6 Tradisi Imlek di Berbagai Negara:

1. China

Tradisi Imlek di China ini sangat unik, karena China menyajikan makanan saat Imlek dengan sup bola beras ketan, kue beras berbentuk bulan, dan pangsit. Masyarakat China membuat makanan terakhirnya dengan santapan ikan karena dipercaya untuk keberuntungan.

2. Filipina 

Tradisi Imlek di Filipina terbilang unik dengan banyaknya masyarakat mendekorasi rumahnya dengan dekorasi buah berbentuk bulat. Biasanya buah bulat yang digantung di atas rumah tersebut dengan buah jeruk hingga apel. 

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa buah jeruk menjadi simbol pembawa rezeki dan apel menjadi simbol keberuntungan dan kekayaan.

3. Korea Selatan

Tradisi saat perayaan tahun baru Imlek di Korea Selatan ini membuat masyarakat Korea Selatan pulang ke kampung halaman untuk melakukan penghormatan kepada orang tua dan leluhur yang sudah meninggal.

Saat melakukan upacara penghormatan, masyarakat Korea Selatan menggunakan pakaian tradisionalnya yang bernama “Hanbok”. Lalu , rumah dibersihkan secara menyeluruh lalu juga disediakan perlengkapan untuk desa berupa lauk pauk dan buah-buahan.

4. Indonesia

Tradisi Imlek di Indonesia yang sangat melekat ialah berbagi angpao, festival melepaskan lampion hingga kumpul bersama dan tampil serba merah.

Imlek di Indonesia belum sah jika tidak bagi-bagi angpao berisikan sejumlah uang yang dimasukan kedalam amplop. Biasanya yang memberi angpao ini ialah anggota keluarga yang sudah berkeluarga dan mempunyai rezeki, lalu diberikan kepada anak-anak dan saudara-saudara yang belum menikah. 

Baca Juga : Imlek 2023: Ribuan Lampion Hiasi Solo Jelang Cap Go Meh

Pelepasan lampion saat Imlek tahun lalu dirayakan di beberapa wilayah Indonesia, seperti Bogor, Tangerang, Jakarta, Solo, Surabaya, Semarang, dan Singkawang.

Kumpul bersama dan tampil serba merah ditunjukkan untuk mempererat tali persaudaraan.

5. Singapura 

Tradisi Imlek di Singapura terbilang unik karena masyarakat Singapura yang mengunjungi temannya membawa hadiah berupa dua jeruk yang dimasukan kedalam kantong kertas halus.

Pemberian jeruk dari tamu kepada tuan rumah ini mengungkapkan sebuah berkah ganda keberuntungan besar. Karena ada kepercayaan pada sentimen bahwa hal baik datang berpasangan.

6. Vietnam

Perayaan dengan tradisi Imlek di Vietnam dilakukan dengan membuat kue tradisional bernama “Kue Chung” dan mengunjungi saudara atau kerabat. Anggota keluarga yang berkumpul bersama-sama di satu meja akan membuat kue Chung yang terbuat dari ketan, kacang hijau, dan daging babi.

Masyarakat Vietnam memiliki kepercayaan saat tamu pertama yang datang mengunjungi rumah akan menentukan keberuntungan sepanjang tahun ke depan dan memiliki rezeki yang melimpah.

Unik bukan enam tradisi Imlek di berbagai Negara tersebut? untuk Anda yang ikut merayakan tahun baru Imlek 2023 biasanya Anda dan keluarga mengikuti tradisi Negara nomor berapa nih?

Baca Juga : Jelang Imlek 2023, Inilah Lokasi dan Jadwal Nonton Pertunjukan Barongsai