6 Kendaraan Dinas Pemkot Aceh Hilang, Kok Bisa?

BPK menemukan 6 kendaraan dinas hilang tanpa jejak dalam pemeriksaan BMD Pemerintah Kota Aceh. Baca artikel ini untuk mengetahui daftar kendaraan hilang, tindak lanjut yang akan diambil, dan bagaimana pemkot berkomitmen untuk mengelola barang milik daerah secara profesional.

6 Kendaraan Dinas Pemkot Aceh Hilang, Kok Bisa?
6 Kendaraan Dinas Pemkot Aceh Hilang. Gambar : Antara/Khalis

BaperaNews - 6 kendaraan dinas di Pemerintah Kota Aceh hilang tanpa jejak, terdiri dari 4 motor dan 2 mobil. Hilangnya 6 kendaraan dinas tersebut diketahui ketika pihak BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) melakukan gelar barang milik pemerintah daerah (BMD) pada 9-13 Januari 2023 lalu. Hasil pemeriksaan dituangkan dalam laporan hasil pemeriksaan BPK.

Kendaraan Dinas Hilang Karena Tsunami dan Dicuri

Kepala Bidang Aset BPK Kota Banda Aceh Harisman menyebut kendaraan dinas Pemkot Aceh memang ada yang hilang sejak tahun 2004 lalu ketika ada musibah besar tsunami. Saat itu ada 1 motor dan 2 mobil hilang.

“Ada 1 motor dan 2 mobil di bawah penguasaan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan hilang ketika ada gempa dan tsunami besar di tahun 2004 lalu. Sedangkan 3 kendaraan lain berupa 3 motor hilang dicuri, itu juga sudah dilaporkan ke polisi di tahun 2017, 2018, dan 2019” terang Harisman.

Untuk kendaraan dinas yang hilang yang lama tidak diketahui keberadaannya, Harisman akan lakukan prosedur penghapusan aset mengacu pada Permendagri 71/2021 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pembukuan, Inventarisasi, dan Pelaporan Barang Hilang Milik Daerah.

“Walikota bisa membentuk tim untuk meneliti dan lakukan verifikasi jika dipandang cukup bukti, maka bisa dilakukan penghapusan atas 6 unit kendaraan dinas pemkot Aceh hilang tersebut. Namun jika saat diteliti dan diverifikasi ditemukan ada kejanggalan, misalnya hilang dengan sengaja maka dilakukan penuntutan ganti rugi oleh Majelis Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi” imbuhnya. 

Baca Juga : Keji! Oknum Guru Agama di Aceh Cabuli 16 Anak Muridnya

Daftar Kendaraan Hilang Dinas Pemkot Aceh

Kendaraan dinas Pemkot Aceh yang hilang ketika tsunami ialah :

  • Honda Win 100 nopol BL 2822 AH
  • Kijang kapsul nopol BL 8081 AC
  • Minibus Mitsubishi Coit nopol BL 9925 QG

Kendaraan dinas Pemkot Aceh yang hilang karena dicuri :

  • Honda NF 100 nopol BL 2052 AB
  • Honda NF 100 dengan nomor BPKB 5345515 A
  • Honda NF 100 nopol BL 2026 AB

“Saat ini kami sedang lakukan tata kelola dan pembaruan aplikasi Sistem Sigolabang yang menjadi aplikasi pelaporan barang milik daerah, aplikasi ini akan dibangun versi mobile sehingga memudahkan pengelola untuk mengawasinya, aplikasi ini dibangun secara mandiri oleh IT Pemkot Aceh” lanjutnya.

Pemkot Aceh berjanji untuk mengelola barang milik daerah secara profesional.

“Pengelolaan jadi salah satu tolak ukur kinerja sebab barang dinas tersebut dibeli dengan uang rakyat dan harus mampu memberi manfaat sebesarnya untuk mendukung pelayanan pada masyarakat” pungkas Harisman.

Baca Juga : Wakil Bupati Ini Kepergok Tidur Bareng Sama Wanita Lain