5 Tips Menjaga Kesehatan Mental, Mampu Meningkatkan Imun

Berikut tips menjaga kesehatan mental untuk meningkatkan imun tubuh dikala pandemi

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental, Mampu Meningkatkan Imun
Ilustrasi kesehatan mental Gambar : Bruce Mars / Unsplash.com

BaperaNews - Aktivitas harian yang terlalu sibuk, seringkali membuat banyak orang menjadi stres dan frustasi. Baik itu dalam bekerja, menjalankan bisnis, belajar atau aktivitas lainnya. Jika kondisi tersebut terus menerus dibiarkan, resiko gangguan mental pun akan lebih besar. Baik tidaknya kondisi kesehatan mental, juga berpengaruh pada sistem imunitas tubuh. Dalam rangka menjaga kesehatan mental tersebut, kalian bisa melakukan berbagai tips berikut ini :

1.Olahraga Rutin

Dengan melakukan olahraga rutin, tak hanya bisa membuat kondisi fisik menjadi sehat, namun kesehatan mental juga bisa dijaga dengan berolahraga. Mengapa tidak, aktivitas berolahraga terbukti mampu menurunkan beban pikiran yang berat sehingga mampu mengurangi stres. Lepasnya hormone endorphin saat sedang melakukan aktivitas olahraga, dapat meningkatkan suasana hati yang baik. Ini artinya kesehatan mental pun juga bisa ikut dijaga.

2.Mengkonsumsi Suplemen dan Vitamin

Mengkonsumsi suplemen dan vitamin yang mempunyai manfaat baik bagi otak, mampu membantu meringankan stres. Pikiran menjadi lebih jernih, sehingga mampu menciptakan ide – ide kreatif.

3.Pastikan Pola Tidur yang Baik

Pastikan kebutuhan tidur kalian cukup minimal 8 jam per hari. Hindari tidur larut malam agar metabolisme tubuh bisa berjalan lancar. Baik tidaknya pola tidur kalian, akan berpengaruh kepada kesehatan mental. Jika kalian stres, saat tidur pun pasti tak bisa merasa nyenyak dan nyaman.

4.Banyak Makan Sayur dan Buah

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur – sayuran dan buah, sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat dan bugar, memicu suasana hati yang baik sehingga tak mudah terjadi stres. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, niscaya kesehatan mental kalian pun bisa terjaga.

5.Hindari Rokok dan Alkohol

Merokok dan minum minuman beralkohol, tidak sepenuhnya membuat beban pikiran kalian menjadi hilang. Justru dalam jangka waktu panjang, kondisi kesehatan tubuh dan mental akan semakin memburuk, sehingga bisa mengganggu kesehatan kalian secara menyeluruh.

Kesimpulan yang bisa diambil dari beberapa tips di atas, kesehatan mental berpengaruh besar dalam upaya menjaga daya tahan tubuh. Jiwa dan mental yang sehat, tentu akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Kalian bisa buktikan sendiri dengan mempraktekkannya langsung.