5 Teori Keberadaan Multiverse, Benarkah Ada?

Adanya kumpulan alam semesta atau disebut teori multiverse kini semakin ramai dibicarakan, begini menurur para ahli!

5 Teori Keberadaan Multiverse, Benarkah Ada?
5 Teori Keberadaan Multiverse, Benarkah Ada?. Gambar: Getty Images

BaperaNews - Adanya kumpulan alam semesta atau disebut teori multiverse kini semakin ramai dibicarakan, terlebih dengan adanya film  Dr Strange dari Marvel yang rilis dalam waktu dekat, nyatanya para ilmuwan sebenarnya sudah lama membahas adanya dunia paralel sejak dulu kala.

Ada 5 teori populer tentang multiverse yang bukan mustahil. Jadi apa kita sebenarnya memang punya kembaran di dunia ini?

Berikut selengkapnya 5 teori Multiverse tersebut dilansir dari Live Science.

  1.       Infinite Universes

Ilmuwan tak bisa pastikan bentuk ruang waktu, tapi kemungkinan bentuknya datar dan membentang tanpa batasan, tapi jika ruang waktu terjadi selamanya, maka bisa berulang di suatu waktu sebab adanya partikel yang terbatas dan bisa diatur pada ruang dan waktu.

Singkatnya, seseorang bisa melihat versi lain dari dirinya yang merupakan versi tak terbatas, ada yang memakai pakaian berbeda, dan ada yang memilih karir berbeda.

  1.       Daughter Universes

Menjelang kemungkinan alam semesta mengikuti mekanika kuantum, yakni adanya salinan untuk hasil setiap situasi yang terjadi, misalnya ketika Anda membaca artikel ini, di semesta lain bisa jadi ada Anda sedang berpaling ke hal lain.

Baca Juga: 5 Drama Korea Dengan Kisah Tragis Dan Sad Ending!

  1.       Bubble Universes

Ketika melihat ruang waktu secara utuh, beberapa area ruang berhenti menggembung dan di sisi lain ada yang bertambah besar, yang menarik ialah alam semesta lain bisa punya hukum fisika yang beda dari kita sebab mereka tidak terlihat.

  1.       Mathematical Universes

Menjelaskan bahwa struktur matematika bisa berubah tergantung dari dimana seseorang berada, “Saya benar ada di alam semesta di luar sana yang bisa eksis independen dan akan terus ada meski tidak ada manusia” ujar Max Tegmark, peneliti dari Massuchusetts Institute of Technology.

  1.       Paralel Universes

Dijelaskan bahwa hidup manusia dan alam semesta berjalan bersamaan satu sama lain, masing-masing tidak sadar akan kehadiran dunia lain dan tidak bisa memastikan dunia mana yang sebenarnya nyata.

Sebagai informasi, multiverse sendiri artinya ialah kumpulan alam semesta termasuk tempat kita berada, artinya ada alam semesta lain diantara ratusan milyar galaksi di alam ini dan diantara bintang-bintang yang tak terhingga jumlahnya, ada kehidupan lain di luar sana sebagaimana kehidupan manusia di bumi dimana semuanya berjalan masing-masing tanpa mengetahui ada kehidupan lain di sekitarnya.

Baca Juga: 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Liburan Ke Bali!