5 Imbas Dari Invasi Rusia Ke Ukraina Pada Sepak Bola

Usai kepeutusan Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk menyerang dan invansi ke Ukraina menyebabkan dampak buruk dalam berbagai sektor salah satunya adalah sepak bola.

5 Imbas Dari Invasi Rusia Ke Ukraina Pada Sepak Bola
Imbas Dari Invasi Rusia Ke Ukraina Pada Sepak Bola. Gambar: Reuters/ David C

BaperaNews - Keputusan Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk menyerang Ukraina berdampak fatal pada beragam bidang tak terkecuali bidang olahraga. Ketegangan kedua negara tersebut dimulai sejak Kamis pagi waktu Rusia 22 Februari 2022, Putin mengibarkan genderang perang dengan melakukan invasi besar ke Ukraina, berikut 5 dampaknya terhadap sepak bola di seluruh dunia.

  1.       Venue Final Liga Championship Pindah

Final Liga Championship 2021/2022 yang awalnya akan digelar di Rusia secara resmi akan dipindah ke Paris, hal ini diputuskan oleh UEFA setelah melakukan pertemuan darurat pada Jumat 25 Februari 2022, semula pertandingan ditetapkan di Stadion Kretovsky Saint Peterburg Rusia, namun lokasi tersebut pun secara resmi dipindah ke Stade de France Paris pada 28 Mei 2022.

  1.       Menunda Liga Ukraina

Liga Ukraina ditunda akibat konflik yang panas di Ukraina, keputusan ini diambil pemerintah Ukraina setelah wilayah mereka mengumumkan darurat militer, kasta tertinggi sepak bola di negara tersebut awalnya akan bergulir pada 25 Februari 2022, kini telah ditangguhkan dan belum diumumkan kapan akan dilaksanakan, hal ini diberitakan pada Kamis 24 Februari 2022.

Baca Juga: Polandia Menolak Hadapi Rusia di Playoff Piala Dunia 2022

  1.       Schalke Hapus Sponsor

Schalke memutuskan untuk mencopot logo sponsor Gazprom dari Jerseynya yang berasal dari Rusia, keputusan dilakukan setelah diskusi dengan Gazprom cabang Jerman. “Menyusul perkembangan di beberapa hari terakhir, FC Schalke 04 memutuskan untuk melepas logo sponsor Gazprom di kaus klub Sepak Bola, dan akan diganti dengan tulisan Schalke 04” bunyi pernyataan resmi Schalke di akun media sosialnya.

  1.       Man Utd dan Maskapai Rusia tak lagi Kerjasama

Manchester United mengakhiri kerjasamanya dengan maskapai penerbangan Rusia Aeroflot sebagai bentuk simpati kepada Ukraina, kontrak keduanya sebenarnya berakhir pada berakhir tahun ini, namun pihak klub mengakhiri lebih awal, pesawat tersebut juga kini dilarang terbang ke Inggris Raya.

  1.       Persiapan Chelsea Terganggu

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel menyebut hal mengerikan membayangi mereka dalam final Carabao Cup, ia mengungkap para pemainnya khawatir akibat serangan Rusia ke Ukraina yang dihubungkan dengan pemilik klub Roman Abramovich dan Putin Presiden Rusia

“Kami khawatir dan itu sangat mengganggu, sampai tingkat tertentu saya bisa paham pendapat dan pendapat kritis untuk klub, saya bisa memahami namun tidak bisa sepenuhnya lepas darinya” ujarnya dilansir dari Mirror.

Baca Juga : 27 Negara Dikabarkan Akan Kirim Bantuan Militer dan Medis ke Ukraina