4 Khasiat Pisang yang Terbukti Secara Ilmiah

Siapa sangka, ternyata pisang punya manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut 4 khasiat pisang yang terbukti secara ilmiah

4 Khasiat Pisang yang Terbukti Secara Ilmiah
5 khasiat pisang yang terbukti secara ilmiah. Gambar : Kompas.com

BaperaNews - Salah satu buah yang kaya akan manfaat dan banyak digemari masyarakat adalah buah pisang. Kandungan nutrisi di dalamnya pun sangat baik dalam rangka menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan antioksidan mendominasi di dalam buah pisang yang mempunyai peran dalam melindungi diri dari bahayanya radikal bebas. Nutrisi lain yang terdapat di dalam buah pisang antara lain lemak, protein, karbohidrat, mangan, tembaga, magnesium, vitamin C dan kalium.

Khasiat buah pisang untuk kesehatan pun juga terbukti secara ilmiah. Berikut beberapa khasiat pisang yang dilansir dari Healthline.

1.Pisang Membantu Menormalkan Kadar Gula

Buah pisang kaya akan kandungan zat bernama pektin dan juga pati resisten. Keduanya mempunyai manfaat baik dalam menormalkan kadar gula dalam darah setelah kalian makan berat.

Tingkat glikemik yang ada pada pisang juga tidak menimbulkan lonjakan kadar gula dalam darah. Jadi dikonsumsi setiap hari pun sangat aman. Hanya saja, pada penderita diabetes tipe 2, makan pisang dalam keadaan matang, justru malah harus dihindari 

2.Pisang Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang ada pada pisang, sangat efektif dalam membantu menjaga kesehatan pencernaan sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya masalah pada pencernaan.

Setidaknya pada pisang dengan ukuran sedang saja sudah memiliki kandungan serat hingga 3 gram lho. Selain itu pisang juga bisa mengurangi resiko kanker pada usus besar karena adanya kandungan pektin.

3.Konsumsi Pisang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori yang sedikit di dalam pisang, sangat tepat untuk membantu kalian dalam program menurunkan berat badan. Meskipun kandungan kalorinya sangat sedikit, namun mengkonsumsi pisang sudah cukup membuat perut kalian kenyang. Ditambah lagi seratnya yang baik untuk pencernaan sehingga kalian bisa buang air besar secara rutin.

4.Pisang Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Pisang juga mempunyai kandungan zat bernama potasium. Setidaknya saat kalian mengkonsumsi pisang 1 buah saja, kebutuhan 9 persen potasium harian sudah bisa dipenuhi.

Kemudian kandungan kalium yang ada pada pisang mempunyai manfaat dalam menurunkan tekanan darah sehingga memicu penurunan resiko terjadinya penyakit jantung.

Siapa sangka dibalik buah sederhana yang merakyat ini, ternyata tersimpan banyak khasiat di dalamnya sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kalian.